Kaskus

Entertainment

onyohAvatar border
TS
onyoh
About CADEL (gak bisa ngomong R)
Hi kaskusers emoticon-Kiss

Gw mo angkot topik mengenai CADEL...apa sih cadel, kenapa sih cadel bisa terjadi, apa penyebabnya dan gimana cara mengatasinya
Yuk langsung ke topik pembahasan...

About CADEL (gak bisa ngomong R)
Cadel / cedal adalah...
ketidakmampuan seseorang untuk mengucapkan suatu huruf, sehingga akan mengucapkan suatu huruf menjadi huruf lainnya (yang paling umum adalah mengucapkan 'R' menjadi huruf 'L'emoticon-Wink. Ketidakmampuan ini umumnya dialami pada usia anak-anak. Namun adapula orang yang cadel hingga usia dewasa

Fenomena umumnya adalah...
Kesulitan pengucapan bisa bermacam-macam dan berbeda-beda pada setiap anak/orang. Contoh umum adalah:

* Mengucapkan R menjadi L (misalnya Berat menjadi Belat)
* Mengucapkan S menjadi C (misalnya Siapa menjadi Ciapa)
* Mengucapkan K menjadi T (misalnya Dekat menjadi Detat)
* R tapi bunyinya W, Rumah >> Wumah (info dari kaskusers d3c0d3)

Penyebab :
Spoiler for 1.Kurang matangnya koordinasi bibir dan lidah:


Spoiler for 2. Kelainan fisiologis:


Spoiler for 3. Faktor lingkungan:


Spoiler for 4. Faktor psikologis:


Cara mencegah cadel adalah...
Demi menghindari timbulnya cadel, rajin-rajinlah memberikan stimulasi pengucapan yang benar. Paling lambat saat anak berusia 2 tahun. Jangan gunakan bahasa dengan pengucapan yang cadel. Jangan mengganti bunyi “s” dengan “c” atau “r” dengan “l”, dan lain-lain.

Jangan pula menghilangkan konsonan tertentu dalam berbicara. Ini kerap dilakukan tanpa disadari oleh orang dewasa dengan alasan memudahkan. Yang paling sering adalah konsonan “R”, semisal “pergi” jadi “pegi” atau “es krim” jadi “ekim”.

Curhatan dari orang yg cadel
Spoiler for curhatan:


Spoiler for curhat TS yg cadel:


Terus terang kebykan orang cadel itu jd minder karena sering diejek/diolok emoticon-Frown Buat kaskusers/temen kita yg sering olok"org cadel...plis kasi tau deh jgn ulangi lagi. Dampak psikologinya itu bisa membekas soalnya.

Artis yg cadel
walau cadel, tetep bisa jadi artis emoticon-Big Grin malah mungkin itu nilai jualnya
- Ari wibowo
- Meriam Bellina
- Rico Ceper

Kaskusers yg cadel
Teryata gak sendirian gw... emoticon-I Love Kaskus
gw
kundrik
throbbing
habekasetiawan
-hazel
reyradika
rujaksoto
soul123
flyingboy
fardrake
dingsanak
alzabran
numbertwelve
rhadianzzz
diffaganteng
mehra
firmanyun
imron87
Aulli1st--
dora doraemon
heavyjunker
Lanjut ke post 3


Group Cadel - Kaskus:
Cadel Community Kaskus

Kalau suka mohon di rate / dicendolin ya emoticon-Smilie
emoticon-I Love Kaskus emoticon-Kiss
0
112.3K
6.6K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
1.3MThread108.8KAnggota
Tampilkan semua post
onyohAvatar border
TS
onyoh
#102
Quote:


iya gan, lama" terbiasa dgn keadaan seperti ini.
Gw sendiri pas kecil aja gak ngeuh bahwa gw cadel. gw pikir gw biasa aja. ngeuhnya pas da kelas 4-5 sd. Kok yg laen bisa ngomong R sedangkan gw jd L emoticon-Hammer wtf emoticon-Hammer shock sayahhh

Quote:

sama aja kok gan

Quote:


wkwkwkkw org cadel lbh cakep...wahhh menarik gannn! emoticon-Big Grin emoticon-thumbsup:
emoticon-Embarrassment jd malu...ahahahaha

Quote:

hahaha oke gan..silahkan bukmark emoticon-Big Grin

Quote:


klo gw ngomong Cikutra / Trenggiling...logatnya biasa aja kok gan
wahh si agan unik nih...bisa berlogat india

Quote:


serius luhh? bukannya org prancis kebykn ngomong RRRRRRRR semua tu kalimat"na? emoticon-Belo kyk bonjour < ini aja uda r dll...seinget gw mah bhs prancis tu buanyakkk r nya n pelafalannya susah pisan!!! emoticon-Frown

Quote:


gw sempet les bahasa jepang. kan ada kosakata ra ri ru re ro...MATILAH GUAAAA pas disuru ucapin. 1 kelas ngeliatin guaaaaaaaaaaaa emoticon-Frown emoticon-Frown
hiksss...ada yg senyum" gitu lagi kek ketawa...lucu kali ya liat org cadel emoticon-Nohope

Quote:


emoticon-thumbsup: nice story sis emoticon-Big Grin gw juga kadang suka sengaja cari kalimat lain sebagai pengganti huruf R emoticon-Big Grin
Tp kadang gak bisa mengelak...misal pas ngomong: potraiture, romerune, pokonya yg r nya ada 2 di 1 kata ..huhuhu
akhirnya 1-1nya jalan gw cepetin ngomongnya emoticon-Big Grin

Yg paling sebel pas jaman sekolah...pan ada tuh disuru baca ke depan/baca bergilir....haduhhhh emoticon-Big Grin rasanya pengen kaborrrrrrrr

Tp syukur banget gw skrng malah diterima kerja jadi marketing..pas kmrn" gw kerja di belakang layar. Awal bulan July ini gw br masuk jd marketing.
Makanya gw berpikir buat bikin thread ini, biar yg cadel" jgn sampai minder/malu ma keadaan diri. Selalu bersyukur dgn apa yg kita miliki, soalnya masi banyak yg lebih kekurangan drpd kita (fisik maupun jiwa)

keep the spirit!
emoticon-I Love Kaskus
0
Ikuti KASKUS di
© 2026 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.