Kaskus

Automotive

jusjerukAvatar border
TS
jusjeruk
Avanza Xenia Kaskus Community
Avanza Xenia Kaskus Community

Gabung kesini aja buat kaskuser pengguna avanza dan xenia...
silakan berbagi rasa, pengalaman, tips n trick, semuanya da...

maklum avanza dan xenia adalah mobil terlaris di Indonesia yang fenomenal!

Spoiler for "acc kaskus officer":


Spoiler for "Official AVX Sticker (Kontur)":


Spoiler for "Official AVX Baby On Board Cutting Sticker":


Spoiler for "Official Avanza Xenia Kaskus Community Cutting Sticker":


Spoiler for "Sticker AVX":


Spoiler for "FR: service 20.000 AVS":


Spoiler for "WTA/WTS: Berapa yang pantas untuk console box Ori (new)":


Spoiler for "DIY: Pasang Konsul Tengah A/X":


Spoiler for "yg butuh nozzle 65rb":


Spoiler for "Hujan-hujan gini optimalkan dengan upgrade nozzle stock innova ke A/X-mu":


Spoiler for "DIY: Pasang Nozzle pada A/X dengan mudah dan benar":


Spoiler for "Akhirnya AVS gue senyaman (bahkan mungkin lebih nyaman) dari Grand Livina!":


Spoiler for "FR: Passed!! Real Test Full Loaded.. ":


Spoiler for "Solusi buat masang sub A/X tanpa mengurangi ruang bagasi secara signifikan":


Spoiler for "ID Card? hehehe lagi isenk aja..":


Spoiler for "Field Report: Pasang Kaca Film Depan AVS yang baik":


Spoiler for "Field Report: Tempat Pasang Kaca Film 3M yang baik dan layak dikunjungi rekan2 semua":


Spoiler for "UDSnya A/X?? cek punyamu! :P":


Spoiler for "Cara gampang validitas nomer kendaraan":


Spoiler for "Field Report: ketemu suhu chaeng dan kaskuser2 berkuping emas":


Spoiler for "Pentingnya booking service":


Spoiler for "Field Report: Big Boy Toys Day":


Spoiler for "DIY: Bikin led Key Starter":


Spoiler for "FR: Apa jadinya jika A/X lasik?":


Spoiler for "Field Report: Servis Pertama di TAM Sunter":


Spoiler for "oranye signs is so yesterday...":


Spoiler for "Field Report: Ketemu AVS make rear bumper AVG":


Spoiler for "Noise Kill - Peredam Suara Yang Tidak Membebani Engsel Pintu A/X-mu":


Spoiler for "Add On: Deflecta Avanza":


Spoiler for "WTI: Filter AC untuk A/X-mu?":


Spoiler for "WTI: Pst, ada peredam di trim AVS":


Spoiler for "WTI: Dimana si modul remote standar AVS?":


Spoiler for "FR: Pilihan HU 2Din untuk A/X-mu":


Spoiler for "Pasang anti gores ruang handle pintu":


Spoiler for "Info: Engine Under Cover A/X":


index 2 lanjut dibawah..
grg.Avatar border
shortdistanceAvatar border
User telah dihapus
User telah dihapus dan 2 lainnya memberi reputasi
3
573.3K
10K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4
KASKUS Official
25.1KThread19.3KAnggota
Tampilkan semua post
jusjerukAvatar border
TS
jusjeruk
#8
Akhirnya AVS gue senyaman (bahkan mungkin lebih nyaman) dari Grand Livina!
Ingin avanza/xenia anda yang ajrut-ajrutan menjadi senyaman Grand Livina?
Ga perlu ganti shockbreaker atau per ga jelas, cukup pasang 3 komponen
front strut bar, rear anti sway bar, rear anti roll bar atau yang lebih dikenal dengan rear stabilizer bar seperti yang saya pasang ke avanza s baru saya.
kaskus-image
Sebetulnya, seri 2010 sudah mengalami banyak kemajuan penyempurnaan suspensi jika dibanding seri 2007 yang pernah saya coba. gejala ajrut-ajrutnya sudah berkurang signifikan....namun masih belum seenak mobil monokok...

Sampai suatu hari ketika browsing ketemu produk Malay bermerk Ultra Racing yang sepertinya dapat dipertangungjawabkan solusinya untuk meningkatkan kenyamanan mobil kita. Sayang sekali harganya agak-agak menguras kantong kita....tidak menyerah googling pun berlanjut, akhirnya ketemu versi 'lokal'nya yang kebetulan kaskuser juga. Gayung bersambut karena posisi workshop saya bertetangga dengan bengkel beliau. Setelah mampir ke bengkel sekaligus inspeksi bagaimana benda 'lokal' itu dibuat akhirnya memantapkan hati memesan 1 paket lengkap yang terdiri dari 3 komponen tersebut...sebetulnya produk UR memberikan 4 racikan komponen....ya yg komponen keempatnya belum selesai dibuat lokalnya...juga sebetulnya ada 1 komponen yang berbeda, jika UR memberikan solusi 4 titik strut bar depan, maka versi lokal yang ternyata lebih condong ke model 2 titik strut bar depan dari thai...emoticon-Frown ya gapapa de toh juga cukup manis modelnya.

Singkat cerita, setelah pemasangan rupanya ada beberapa masalah yang timbul untuk pemasangan pada seri S, yaitu minimnya jarak front strut bar terhadap bagian atas cover saringan udara...dan mentoknya tekukan sway bar bawah ke komponen knalpot....senangnya bengkel lokal inipun dengan sigap berkenan merevisinya...

kaskus-image
Jadi untuk beberapa hari AVS terpasang hanya rear stabilizer 'UR wannabe'
Review yang bisa diceritakan dari terpasangnya 1 komponen tersebut adalah terjadi peningkatan yang terasa pada suspensi belakang dimana ayunan 'bounching' yang bisa dirasakan ketika melewati polisi tidur berkurang secara signifikan.

Mobil terasa lebih stabil.

Hari ini AVS dipasangkan 2 komponen yang telah direvisi, bengkel bekerja dengan baik, komponen yang kurang tinggi diganti bukan disambung (jadi tidak ada isu kelemahan kekuatan karena banyak sambungan), sway bar ditekuk ulang sehingga memberikan jarak yang cukup dengan bagian knalpot.

kaskus-image
Jarak yang cukup untuk filter udara juga sudah didapat (meski sebetulnya bisa dinaikkan lagi...cuman bengkel ngeri mentok ke kap mesin hihihi)

Malam langsung diajak jalan sejauh 40km keliling jakarta lewat tol, juga lewat dalam kota dan lewat berbagai model jalan yang khas jakarta, mulus, lubang dimana-mana, berdebu, kotor, plus hujan di sebagian lokasi yang dilewati.

Hasilnya lebih maksimal lagi...terucap dari pasangan hidup tercinta..."wah mobilnya enak banget, kaya sedan, kaya naek Grand Livina yang pernah kita test drive....mungkin lebih nyaman ini...kok bisa si yank??"...

manthapppppp emoticon-Kiss

kaskus-image
Memang terasa langsung bagaimana level ayunan mobil direduksi oleh front strut bar dan unit sway bar yang merupakan unit termahal dari seluruh komponen ternyata berpengaruh besar sekali terhadap rigiditas body mobil secara keseluruhan...perasaan seperti naek mobil fiat uno turbo ala ferrari...dimana mobil secara keseluruhan terasa lebih nempel ke aspal...enak banget...feeling berkendara meningkat karena mobil lebih nyaman diajak manuver, bantingan yang tidak perlu sebagai efek lembutnya suspensi berkurang secara jelas.

Yang mungkin lebih terasa sugestif adalah mobil terasa maunya ngebut terus hihihi...

Kesimpulan:

Sungguh bukan investasi yang mahal, hanya kisaran 1% bahkan tidak sampai dari harga mobil anda, dan kenyamanan seperti mobil berbasis monokok-pun didapat!

kaskus-image
Try it n believe it..
shortdistance
shortdistance memberi reputasi
1
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.