Kaskus

News

pinguin bob bopAvatar border
TS
pinguin bob bop
***[ASK & DISCUSS] bisnis cuci motor/mobil***
agan2 sekalian, mari kita diskusi all about bisnis doorsmeer (aka cuci mobil/motor). mulai dari manajemen, perekrutan pegawai, pengadaan peralatan & perlengkapan, lokasi, ROI, BEP, prospek ke depan, dll. monggo di-share pendapat agan2 sekalian.
mungkin saja ada yang tertarik menggeluti bisnis 'basah' ini.


mod, klo thread tentang topik ini sudah ada sebelumnya, thread yang ini dihapus saja


emoticon-Angkat Beer


Sharing dan sumbangan dari kaskuser yang mungkin berguna bagi kita semua emoticon-thumbsup:
Spoiler for sharing dari kaskuser:
0
104.1K
442
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
KASKUS Official
22.1KThread4.9KAnggota
Tampilkan semua post
Spirit2003Avatar border
Spirit2003
#25
juragan sekalian,, baru nemu nih artikel mgkn bisa berguna bagi juragan2 sekalian.. emoticon-shakehand
jika berkenan minta donk cendolnya,, emoticon-Embarrassmentemoticon-Big Grin




PANDUAN PRAKTIS MEMULAI
USAHA SALON MOTOR PLUS


LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA SALON MOTOR PLUS

1. Jumlah motor yang relatif semakin meningkat.
2.Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan sepeda motor sering lebih mudah
kotor
3.Perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan, banyak pengguna sepeda motor
yang tidak memiliki waktu untuk membersihkan sepeda motor mereka, dan
menyerahkannya pada pencucian motor.

KUNCI SUKSES USAHA SALON MOTOR PLUS
1.Tempat strategis dan nyaman.
2.Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas).
3.Pemilik motor biasanya menginginkan motornya bersih dan terawat rapi
4.Harga terjangkau.
5.Menggunakan bahanbahan yang tidak menimbulkan baret, karat, atau korosi
pada sepeda motor, serta ramah lingkungan.
6.Tersedia area basah dan area kering, sehingga tidak mengganggu proses
pencucian dan proses pengeringan.

FASILITAS TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA
SALON MOTOR PLUS
Ganti oli.
Spooring balancing.
Mini market atau mini kafe.
Fasilitas kupon bonus untuk konsumen yang sering menggunakan
layanan.
USAHA SALON MOTOR PLUS
Yang menjadikan salon motor ini menjadi plus ialah salon motor yang akan dibuat ini menggunakan mesin SNOW WASH, performa karyawan yang baik
dan menarik, dan sistem kerja yang efisien. Salon motor plus ini dapat kita
bedakan dengan tempat pencucian motor lainnya, seperti membuat instalasi
tempat pencucian dan pengeringan termasuk interior ruangan yang menarik dilihat.
Peralatan-peralatan standar salon motor yang harus disediakan adalah
sebagai berikut :
1.Satu kompresor
2.Satu mesin air untuk steam
3.Satu mesin steam system snow wash (busa salju)
4.Vacuum cleaner
5.Bak penampungan air
6.Seragam karyawan
7.Media promosi
8.Instalasi ruangan
9.Peralatan mencuci :
- Sikat
- Kanebo
- Kuas kecil & besar
- Kain bol
- Busa
LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi
Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, seperti didepan komplek
perumahan, atau berada dipinggir jalan utama.

2. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang minimum : (lebar) 5m x (panjang) 10m
Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:
- Tempat pencucian
- Tempat pengeringan
- Ruang tunggu
Note:
Dapat pula kita menambahkan ruangan lainnya untuk kegunaan pengembangan
usaha seperti penjualan soft drink.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)
SALON MOTOR PLUS
KETENTUAN KARYAWAN
1. Bagian penerimaan dan kasir
2. Bagian pencucian (steam dan snow wash)
3. Bagian penyabunan (pembersihan bagian bawah dan bodi kendaraan)
4. Bagian finishing
SISTEM KERJA
Dilakukan shift kerja dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN

TAHAP I Penerimaan Pelanggan
Dilakukan oleh bagian penerimaan pelanggan merangkap kasir
1. Motor diterima oleh bagian penerima pelanggan
2. Tamu dipersilahkan duduk ditempat tunggu
3. Mengambil helm dan melakukan standar dua (jika ada)
4. Mengeluarkan seluruh isi bagasi kendaraan, memasukkan dalam
kotak/tempat
5. Menyerahkan kotak barang kepada pelanggan
6. Menyiapkan kendaraan dalam barisan antrian (jika antri)

TAHAP II

1. Pencucian kendaraan
Dilakukan oleh bagian pencucian
a. Menempatkan kendaraan sesuai urutan antri ke tempat pencucian
b.Melakukan penyemprotan air (steam) dengan alat dimulai dari bagian bawah
kendaraan secara berurutan, mulai dari bagian belakang ke depan,kemudian
diulangi dari bagian depan kebelakang. Dikonsentrasikan pada bagian bawah yg lebih kotor
c.Penyemprotan pindah ke bagian bodi kendaraan dengan mengatur tekanan air
yang keluar agar tidak merusak cat kendaraan.
Penyemprotan dibagian bagasi kendaraan(motor bebek dan sejenisnya)
e.Dipastikan penyemprotan sudah mampu mengurangi volume kotoran & merata.

2. Penyabunan kendaraan
Dilakukan oleh bagian penyabunan kendaraan
a.Kendaraan yang telah disteam dilakukan penyabunan mulai dari bagian bawah
termasukselasela, dan di sabun dengan sabun khusus serta spon khusus bagian
bawah kendaraan.
b.Setelah bagian bawah telah digosok sabun dengan rata, dilanjutkan kebagian
bodi dan bagasi kendaraan dengan sabun dan spon khusus bodi secara merata
c.Harus dipastikan bahwa penyabunan telah merata dan menghilangkan kotoran.

3. Pencucian ulang (bilas) kendaraan
Dilakukan oleh bagian pencucian
a. Kendaraan yang telah disabuni dibilas dengan steam air hingga bersih
b. Harus dipastikan pembilasan benar-benar bersih tidak menyisakan sisa sabun


4. Snow wash kendaraan
Dilakukan oleh bagian penyabunan
a.Seluruh bagian kendaraan disemprot dengan snow wash (busa salju) dari mesin
b.Dipastikan penyemprotan benar-benar merata agar kendaraan dapat terlihat
mengkilap.

5. Pencucian ulang (bilas) kendaraan
Dilakukan oleh bagian pencucian
a. Kendaraan yang telah di snow wash dibilas dengan bersih dan merata
b.Harus dipastikan pembilasan benar-benar bersih dan merata agar
tidak menimbulkan bercak-bercak air dan sabun pada bodi kendaraan.

TAHAP III
1. Pengeringan kendaraan
Dilakukan oleh bagian finishing
a.Seluruh bagian kendaraan dikeringkan dengan lap kulit (kanebo) tanpa kecuali
dan harus benar-benar kering.
b.Lap yang digunakan untuk bagian bodi dan bagian bawah harusberlainan untuk
menghindari kotoran pasir dari bawah kendaraan menempel di bodi sehingga
menyebabkan gores pada kendaraan.
c.Selasela kendaraan yang tidak terjangkau oleh kain lap disemprot dengan
compressor (tekanan air) agar air yang ada disela-sela dapat keluar.
d.Dikeringkan sekali lagi hingga benar-benar kering

2. Paket poles
Dilakukan oleh bagian finishing Jika pelanggan menghendaki paket poles atau
kendaraannya dipoles
a.Motor disiapkan ditempat teduh kemudian dilakukan pemolesan kendaraan
dengan bahan-bahan yang telah dipersiapkan sesuai urutannya.
b.Setelah selesai dilap dengan kain perca kering agar tidak ada obat poles yang
masih menempel pada bodi kendaraan.

TAHAP IV

Serah terima dan pembayaran
Dilakukan oleh bagian penerimaan pelanggan dan kasir

1.Meminta kotak barang dari pelanggan untuk kemudian dimasukkan kembali ke
kendaraan dan ditempatkan ditempat semula.
2.Memoles helm kendaraan dengan obat poles dan memvacumm bagian dalam
helm agar lebih bersih dan fresh
3.Menerima pembayaran dari pelanggan dengan memberikan kuitansi atau kartu-
kartu promosi yang telah dipersiapkan.
4.Mempersilahkan pelanggan untuk meneliti kualitas hasil pekerjaan
5.Menyerahkan kendaraan kepada pelanggan

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh bagian penerimaan pelanggan dan ditanggungjawabi oleh semua bagian yang terkait
1.Komplain kurang bersih langsung direspon dan dikerjakan pada bagian yang
dikomplain dengan sungguhsungguh, tanpa alasanapapun & langsung dikerjakan.
2.Komplain kendaraan tidak bisa distater, harus dipastikan hal tersebut akibat
Proses pencucian atau akibat pengerjaan. Jika benar, harus ditanggungjawabi hingga
kendaraan benar-benar dapat dihidupkan kembali.
3.Komplain kendaraan jatuh akibat kesalahan petugas hingga kendaraanlecet.
Harus diajak komunikasi dengan baik serta permintaan maaf bahwa hal tersebut
bukan disengaja, dan memungkinkan untuk diberi voucher gratis untuk pencucian \tdan pemolesan kendaraan.
4.Komplain barang hilang. Proses ini jelas kesalahan petugas penerima pelanggan
yang tidak mengambil dan menyerahkan barang milik pelanggan langsung
dihadapan pelanggan dan dikonfirmasi langsung mengenai item barang serta
jumlah barang.

PROSEDUR BAHAN BAKU
Penetapan & Penghitungan

1.Bahan baku harus dihitung untuk beban per unit kendaraan agar dapat ditentukan penggunaan bahan baku dan perkiraan biayanya
2.Bahan baku yang dibeli harus dikemas perplastik takaran untuk per unit kendaraan, sehingga memudahkan ukuran bahan baku dalam melakukan proses
pencucian
3.Harga beli bahan baku dibagi jumlah plastik takaran yang dihasilkan untuk
mendapatkan biaya bahan baku per unit kendaraan.
4.Bahan baku hilang atau berkurang tanpa sebab yang jelas menjadi tanggungan para karyawan

Pembelanjaan Bahan Baku
1.Stok bahan baku harus dicatat dalam kartu stok agar pengeluaran bahan baku
terkontrol
2.Wajib melakukan pemesanan/pembelian bahan baku jika stok bahanbaku sudah
pada kondisi sisa maksimum 30% minimum 20%

sekian, mohon maaf bila ada kekurangan2 salam newbie.. emoticon-shakehand
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.