Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iqbalballeAvatar border
TS
iqbalballe
Prabowo Tak Sabar Ingin Ngantor di IKN
Prabowo Tak Sabar Ingin Ngantor di IKN
Sumber : Warta Ekonomi


Megaproyek Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapat angin segar di penghujung Pemerintahan Jokowi.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024, Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan IKN.

Prabowo menekankan bahwa proyek IKN sangat penting untuk pemerataan pembangunan dan untuk mengurangi beban Pulau Jawa yang selama ini menjadi pusat populasi dan kegiatan ekonomi.

“Saya kira supaya jelas dan tadi sudah saya tegaskan beberapa kali bahwa IKN ini akan kita tuntaskan, akan kita selesaikan dengan baik. Karena memang sangat dibutuhkan, tadi Bapak Presiden menyampaikan soal pemerataan dan keinginan kita untuk juga meringankan daya dukung Pulau Jawa terhadap konsentrasi populasi dan konsentrasi kegiatan,” ungkap Prabowo.

Prabowo menyatakan rasa bangga terhadap nuansa budaya yang kuat di IKN dan mengapresiasi jerih payah Presiden Jokowi beserta jajaran menteri yang telah memulai pembangunan IKN.

Prabowo berjanji untuk mempercepat proses pembangunan IKN, terutama untuk pusat pemerintahan. Pasalnya terdapat anggaran yang cukup besar untuk pembangunan tersebut.

Menurut Prabowo, prioritas utama adalah pembangunan gedung-gedung penting seperti Gedung DPR/MPR, perumahan anggota, serta ruang kantor untuk yudikatif, termasuk Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Kalau itu sudah selesai, sebetulnya secara substansi ibu kota pemerintah sudah bisa beroperasi di sini. Jadi kita tidak perlu tunggu yang lain-lain. Saya kira yang lain-lain itu akan menyusul,” jelasnya.

Prabowo meyakini dengan selesainya pusat pemerintahan di IKN, akan ada lebih banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di IKN.

Bahkan Prabowo menyebut dia merupakan salah satu investor pembangunan IKN. "Salah satu investor saya sendiri sebagai pengusaha," kata Prabowo.

Selain itu, Prabowo juga menyoroti pentingnya kesiapan menghadapi potensi bencana, terutama kebakaran hutan, mengingat konsep IKN sebagai forest city.

Prabowo menekankan perlunya teknologi canggih untuk pemantauan dan penambahan tim pemadam kebakaran.

Mantan Danjen Kopassus itu juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diterimanya dari Presiden Jokowi dan para menteri dalam menyiapkan APBN yang akan datang.

Dukungan tersebut membuat Prabowo sangat optimis meski tantangan global cukup besar.

Sumber :
https://setkab.go.id/presiden-terpil...bisa-percepat/
https://www.liputan6.com/news/read/5...nan-ikn?page=3

Komitmen Prabowo dalam menyelesaikan IKN juga disampaikan Presiden Jokowi pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Jokowi mengatakan, pemerintah selanjutnya memiliki keinginan untuk mempercepat pembangunan IKN sehingga proyek yang semula direncanakan memakan waktu 10 hingga 20 tahun bisa diselesaikan dalam 4 hingga 6 tahun.

“Saya sampaikan, pembangunan IKN mungkin bisa 10, 15, atau 20 tahun. Beliau menyampaikan, ‘Wah, kurang cepat itu, kalau bisa 4, 5, 6 tahun’,” ujar Jokowi.

Meski begitu, dirinya mengatakan pembangunan secara keseluruhan termasuk percepatan pembangunan gedung-gedung vital pemerintahan akan dirinya serahkan ke Prabowo.

Sumber : https://wartaekonomi.co.id/read54185...-jokowi-pasrah

Komitmen Prabowo dalam melanjutkan IKN bisa menjadi landasan serta menumbuhkan kepercayaan para investor untuk berinvestasi di IKN. Hal itu diungkapkan Pengamat Ekonomi dari UIN Syarif Hidayatullah Hendra Kholid.

“Ketika Prabowo punya komitmen untuk meneruskan IKN, maka itu merupakan garansi bagi para investor artinya investor punya kepastian dan itu menjadi sebuah garansi,” paparnya.

Dikatakan Hendra, transisi kepemimpinan Jokowi ke Prabowo yang berjalan mulus dapat meningkatkan kepercayaan dan menjadi magnet para investor menanamkan investasinya dalam pembangunan IKN.

Lebih lanjut Hendra menuturkan, pemerintah perlu segera membangun pusat perekonomian baru di IKN yang diawali dengan memupuk ekosistem ekonomi agar kian subur.

Selain itu, kata Hendra, untuk menarik minat investor pemerintah diminta untuk memberikan juga kemudahan dalam berinvestasi di IKN.

Sebenarnya, melalui Peraturan Pemerintah (PP) 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di IKN, Hendra menuturkan sudah cukup, tinggal bagaimana pemerintah mengimplementasikannya di lapangan.

Hendra optimis keberlanjutan pembangunan IKN ke depan akan memberikan dampak positif bagi perekonomian, serta memberikan pemerataan ekonomi bukan hanya di Pulau Jawa tetapi juga di luar Pulau Jawa.

Sumber : https://fajar.co.id/2024/08/14/prabo...ra-investor/3/
yutoo
fabillillah
XadalmesiR
XadalmesiR dan 4 lainnya memberi reputasi
5
11.1K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.3KThread87.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.