Kaskus

Automotive

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ace_01Avatar border
TS
ace_01
Kenapa ya Suzuki Susah Banget Ngimbangin Yamaha & Honda?

Kenapa ya Suzuki Susah Banget Ngimbangin Yamaha & Honda?

Apa ya yang bikin suzuki susah bersaing?



Pasti banyak di antara kita yang perhatiin kalo pasar sepeda motor di Indonesia didominasi oleh dua nama besar: Yamahal dan merk sayap. 

Merek-merek ini udah kayak ikon di jalanan kita, dan banyak pengendara memilih salah satu dari keduanya ketika mencari motor baru. Tapi gimana tuh sama Suzuki?

Entah gue aja yang ngerasa atau gimana, dominasi yamaha & honda ini terlalu parah cuy di pasaran. Kalo nggak salah dua brand ini sempet kena sanksi deh gara-gara kong kali kong soal distribusi motor di pasaran.

Dulu sih nggak begitu kerasa. Malahan Suzuki lumayan bisa nyaingin si sayap ama yamahal. Tapi era kejayaan suzuki tuh udah berhenti di Satria Fu 150 sama motor Thunder sih. WKWKWKWK ya gimana satria dulu kan jadi benchmark cogan zaman 2010an nggak sih hahahahaha

Tapi gue akuin tuh motor keren sih, cuman yang naik kudu tinggi ceking. Kalo postur lo kuntet terus gendut kureng banget tuh tampang emoticon-Wakaka

Menurut gue ada 3 faktor sih kenapa bisa begitu. Pertama, brand image dan brand positioningnya nya kurang jelas sih. Kalo Honda & Yamaha udah begitu, lo mesti gimana? Nah, sasarannya nggak jelas. Kenapa dari awal Suzuki nggak bikin motor yang beneran cakep dan nyasar segmen pasar yang beneran eksklusif aja. Persis kayak yang mereka lakuin di suzuki jimny gitu. Kalo perlu sampe inden-inden.

Kedua, pilihan motornya dikit bener.Iya nggak sih? Atau emang banyak cuman gara-gara brand positioningnya nggak jelas jadi ya banyak yang nggak notice. Contoh dah kayak merk sayap, mereka ada beat, beat pop, beat street, spacy, vario, vario 150/160 banyak bener dah pilihannya. Sedangkan sijuki buset dah dikit bener variannya.

Ketiga, jaringan dealer & bengkelnya kureng bet. Bener kan? Yamaha dan Honda punya jaringan dealer dan servis yang luas banget di mana-mana. Beda sekilo aja bisa tuh lo nemuin bengkel & dealer honda sama yamahal.

Orang jadi ngerasa lebih aman dan nyaman karena gampang cari suku cadang dan servis. Suzuki kayaknya perlu nambahin jaringan dan layanannya biar bisa bersaing lebih baik.

Ada lagi nggak agan sista yang pengen nambahin? Sayang banget sebenarnya, pdhal mesin suzuki tuh lumayan bandel menurut gue. Jauh lebih bandel daripada si sayap bahkan. Apa jangan-jangan mereka lebih pengen fokus di mobil?

CoZiA
dhewana
taproot
taproot dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.5K
74
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2
KASKUS Official
19.1KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.