Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

CupeakeAvatar border
TS
Cupeake
Heboh Domba Bermata Satu di Cianjur



Heboh Domba Bermata Satu di Cianjur
Domba bermata satu di Cianjur. Foto: Istimewa


Cianjur - Warga Desa Sindangresmi, Kecamatan Takokak, Cianjur dihebohkan dengan kelahiran seekor domba jantan bermata satu. Bahkan warga tak henti berdatangan untuk melihat langsung fenomena langka tersebut.
Endas (50), Ketua Karangtaruna Desa Sindangresmi, mengatakan domba aneh tersebut milik warga bernama Amad (50) asal Kampung Ciranca Desa Sindangasih. Menurutnya domba bermata satu itu lahir bersama dua anak domba lainnya.

"Jadi kemarin (29/7/2024) pagi sekitar jam 07.00 WiB, domba milik Pak Amad melahirkan tiga anak domba. Yang dua ekor mati kondisinya normal secara fisik dan satu domba hidup yakni domba yang memiliki keanehan di mana matanya hanya satu," kata dia, Selasa (30/7/2024).

Menurut dia, selain bermata satu, domba tersebut memiliki kekurangan lain pada bagian mulutnya yang tidak bisa terbuka dan memiliki dua gigi yang keluar. Akibatnya anak domba itu tidak dapat menyusu pada induknya.

"Iya tidak bisa menyusu pada induknya, jadi sama pemiliknya diberi susu kemasan. Sampai sekarang masih hidup karena diberi susu kemasan yang diseduh kemudian diminumkan pada anak domba tersebut," kata dia.

Endas menuturkan, keanehan pada domba tersebut membuat warga sekitar berdatangan untuk menyaksikan langsung. Pasalnya fenomena domba bermata satu baru pertamakali terjadi di wilayah Cianjur selatan.

"Baru pertama kali ada domba lahir seperti ini, makanya warga di sini heboh. Sejak kemarin pagi berdatangan warga ke kadang dan rumah milik Pak Amad. Bahkan ada yang menganggap domba tersebut pertanda sesuatu, ada juga yang menyebut sebagai domba dajjal, karena matanya satu," kata dia.

Sementara itu Fungsional Pengawas Bibit Ternak Ahli Muda Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Cianjur Agung Rianto, menjelaskan domba tersebut memilki kelainan genetik yang dinamakan cyclopia cyndrom. Kelainan tersebut menyebabkan bayi hewan memiliki satu mata atau mata yang terbagi dalam satu rongga.

"Kelainan ini terjadi ketika bagian depan otak tidak terbagi menjadi dua bagian. Orbit mata tidak terbagi dengan baik menjadi dua rongga sehingga keduanya dapat dilihat sebagai satu bidang mata atau dua bidang bilateral yang sangat berdekatan. Jadi itu memang kelainan genetik, bukan fenomena aneh apalagi disebut sebagai domba dajjal," kata dia.

Agung menyebutkan domba yang lain dengan kelainan tersebut biasanya tidak bertahan lama. "Biasanya tidak lama (hidupnya, red). Tapi mudah-mudahan bagus makannya sehingga bisa hidup lebih lama. Karena biasa terjadi masalah pada bagian mulut, sehingga tidak bisa menyusu ataupun makan," kata dia.



Detik.com

0
169
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.2KThread45.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.