Kaskus

Automotive

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • GIIAS 2024: Toyota Prius Versi Indonesia, Desain Elite Harga Sulit

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
GIIAS 2024: Toyota Prius Versi Indonesia, Desain Elite Harga Sulit
Quote:


Hallo Gan kembali lagi di lapak otomotif, kali ini penulis mau membahas mobil sedan hybrid yang diluncurkan Toyota di GIIAS 2024. Pasti Agan sudah tak asing dengan namanya, yakni Prius, kali ini mobil dengan tampilan yang cukup menarik di bagian luarnya. Pada bagian lampu depannya dibuat horizontal memanjang dari kiri ke kanan. Desain lampu ini mengingatkan kita dengan beberapa mobil Toyota yang lainnya.

Atap kendaraan ini juga telah dibuat lebih rendah dari versi sebelumnya, sementara bagian depannya terlihat flat.Untuk bagian belakang terlihat lebih tinggi dengan lampu LED yang besar. Karena lebih tinggi, visibilitas ke belakang agak kurang baik. Dirangkum dari berbagai media otomotif, berikut ini adalah beberapa hal menarik dari Prius:

1. Interior Prius versi Indonesia ini terkesan biasa saja Gan, kalau dilihat dari beberapa ulasan media otomotif, bagian kabinnya dominan memakai bahan plastik. Selain itu head unitdibuat besar menyerupai tabung, bahkan beberapa warganet ada yang menganggap head unit ini mirip mesin ATM. Sementara untuk bagian instrument cluster sama seperti milik Toyota bZ4X yang bentuknya pipih dan kecil.

2. Harga yang ditawarkan di Indonesia adalah Rp 698 juta OTR Jakarta, anggap aja Rp 700 juta. Tapi, dengan harga tersebut, kalau TS lihat komentar warganet, banyak yang mengeluh kemahalan. Apalagi spesifikasi mobil yang ditawarkan sebenarnya sama dengan mobil Rp 200 - Rp 300 jutaan.

3. Meski interiornya biasa saja, namun Prius versi hybrid ini sudah dilengkapi fitur keamanan Toyota Safety Sense. Membuat berkendara di jalan jadi lebih nyaman.

4. Ada dua versi yang diperkenalkan di GIIAS 2024, yakni hybrid dan PHEV. Tapi, untuk pasar Indonesia Toyota hanya memasarkan versi hybrid.

5. Prius hybrid punya panjang 4.599 mm, lebar 1.782 mm, tinggi 1.435 mm, wheel base 2.750 mm dan ground clearance 151 mm. Untuk profil ban 195/60 - R17. Bobot kendaraan adalah 1.420 kg.

6. Mengutip artikel Toyota Astra, Prius dibekali mesin 1.798 cc empat silinder segaris. Tenaga mesinnya adalah 96,5 HP di 5.200 RPM dan torsi 142 Nm di 3.600 RPM. Sedangkan motor listrik yang bekerja bersama dengan mesin punya tenaga 93,8 HP dan torsi 185 Nm.

7. Untuk handle pintu belakang sudah elektrik, kalau membuka tinggal pencet tombol yang lokasinya tersembunyi di bagian belakang jendela belakang. Tombol itu ditempatkan di sebuah kompartemen persis di belakang jendela belakang. Kalau akinya soak, Agan harus pencet tombol di bagian luar kompartemen dulu lalu tarik tombol di depannya yang posisinya agak tersembunyi. Sedikit ribet, tapi ya ini adalah keunikan dari Prius versi terbaru.


Quote:


Sebagai tambahan informasi nih Gan, untuk jok baris kedua bisa dilipat untuk menambah ruang penyimpanan. Ini salah satu fitur yang wajib buat mobil yang dipasarkan di Indonesia, di mana orang-orang suka bawa banyak barang. Di sisi lain, Prius hybrid sendiri dibuat sebagai mobil yang irit dan ekonomis. Berdasarkan hasil pengetesan Toyota, konsumsi bahan bakarnya adalah 30 km/liter.

Diilihat dari harganya, penulis jadi bingung, pihak Toyota Astra Motor ini manyasar segmen apa ? Kalau menyasar segmen mobil irit, jujur harganya masih sulit. Ya memang benar Prius hybrid ini masih CBU Jepang, tentu harganya akan mahal, tapi dilihat dari interiornya agak mengecewakan. Padahal Prius hybrid yang dijual di negara lain interiornya jauh lebih bagus. Dengan harga Prius senilai Rp 698 juta, Agan bisa gunakan uang itu untuk beli Serena e-Power varian tertinggi yang jauh lebih irit dengan harga Rp 630 jutaan. Serena yang dijual juga merupakan varian paling tinggi dan sama-sama CBU Jepang.

Kira-kira bagaimana pendapat Agan tentang Prius hybrid ini ? Apakah Agan sependapat jika harganya kemahalan ? Jangan lupa nanti berkomentar di bawah, sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



---------------




Referensi Tulisan: Toyota Astra
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 28-07-2024 04:40
69banditos
indrag057
asumen91
asumen91 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
618
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
KASKUS Official
28.1KThread19.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.