Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Miris! Warga di Dekat Areal IKN Menjerit Krisis Air Bersih Makin Buruk

Miris! Warga di Dekat Areal IKN Menjerit Krisis Air Bersih Makin Buruk



MEDIA PAKUAN - Memasuki musim kemarau semakin memperparah keadaan warga Kalimantan Timur (Kaltim)

Masyarakat yang tinggal di dekat area Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur saat ini semakin kekurangan air bersih.

Krisis air bersih membuat warga setempat harus berebut air bersih, pasalnya masyarakat setempat yang mengandalkan sungai sebagai sumber air kini harus berebut dengan para pekerja proyek pembangunan IKN.

Air sungai yang menjadi sumber utama bagi masyarakat setempat, kini juga harus rebutan dengan pekerja pembangunan IKN.

Kondisi tersebut diungkapkan oleh Forest Campaigner Team Leader Greenpeace Indonesia Arie Rompas.

Dipedalaman Kalimantan Arie menyebut, Suku Balik di wilayah Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, termasuk masyarakat setempat yang sangat bergantung dengan air sungai.

Namun, kehidupan mereka saat ini pun makin sulit karena krisis air makin buruk di Kalimantan.

"Masyarakat Sepaku yang suku Balik itu mengandalkan air dari sungai-sungai yang ada di situ. Tapi sejak 3 tahun lalu, bertepatan dengan musim kemarauan yang panjang, sudah mulai terjadi kekeringan," kata Arie, dihubungi Jumat (26/7/2024), dikutip dari Pikiran-rakyat

Kesulitan itu tidak hanya berdampak bagi manusia, tetapi juga hewan ternak serta tanaman pertanian dan perkebunan warga.

Arie menyebut kalau banyak sawah warga yang alami kekeringan. Kemudian sejak pembangunan IKN dimulai, masyarakat kini harus rebutan air sungai dengan para pekerja proyek.

"Sudah mulai terjadi perbutan air saat ini, terutama air-air yang ada di situ digunakan untuk para pekerja di IKN. Digunakan untuk pembangunan infrastruktur, itu membutuhkan air juga," kata Arie.

Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa memicu terjadi konflik perebutan air sungai di kemudian hari.

Dari temuannya di lapangan, Arie mengungkapkan bahwa saat ini telah terjadi kontrol terhadap sumber air di beberapa wilayah IKN.

Tindakan itu membuat masyarakat terpaksa harus bayar agar dapat akses air bersih.

Kondisi seperti itu mirip seperti yang terjadi di kota-kota besar di Kalimantan, seperti Balikpapan. Padahal sebelumnya, masyarakat di wilayah Sepaku bebas memanfaatkan air sungai yang ada di alam.

"Sungai Sepaku itu sumber mereka untuk MCK (mandi, cuci, kakus), kebutuhan-kebutuhan gitu, untuk nyuci, mandi, dan lain-lain, dan air minum juga," katanya.***

https://mediapakuan.pikiran-rakyat.c...n-buruk?page=2

Serba-serbi Jokowi Mau Pindah Berkantor di IKN: Furnitur Hingga Akses Air Minum Disiapkan
[img]https://statik.tempo.co/data/2024/07/22/id_1321064/1321064_720.jpg[/img[
Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda telah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke 4650. ANTARA/HO - Kementerian PUPR
IKLAN
TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi mengatakan, ia sudah siap pindah kantor ke IKN alias Ibu Kota Nusantara pada 28 Juli 2024 asalkan fasilitasnya sudah tersedia.

"Yang disampaikan ke saya, airnya sudah masuk," kata Presiden Jokowi usai menghadiri acara Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) di Jakarta, Kamis, 25 Juli 2024.


Ia mengatakan sudah menerima laporan dari Otoritas IKN bahwa suplai kebutuhan air bersih sudah tersedia di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, menjelang rencana berkantor mulai 28 Juli 2024.

-Heru Budi: Meja, furniture, lampu, kursi masih disiapkan

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan, Istana Kepresidenan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempersiapkan segala kebutuhan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk berkantor di IKN.

Heru mengatakan, saat ini kantor presiden sudah dipersiapkan menjelang kunjungan Jokowi ke IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada akhir pekan ini. Jokowi disebutkan hanya akan berkantor selama dua hari di IKN.

“Meja, furniture, lampu, kursi. Sedang berjalan dari hari ini,” kata Heru saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 24 Juli 2024.

Selain itu, Heru mengatakan pengisian interior Istana Kepresidenan sedang dikebut dan Kementerian PUPR terus mempersiapkan segala kebutuhan Presiden untuk berkantor di ibu kota baru.

-Air minum di IKN mulai mengalir

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan air minum di IKN mulai mengalir. Dia berharap infrastruktur penyediaan air bersih dapat beroperasi penuh pada akhir Juli.

“Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di rumah dan apartemen di IKN yang langsung bisa diminum. Kami terus memeriksa kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kita harap air minum sudah dapat dimanfaatkan dalam beberapa hari ke depan,[/b[]” ucap Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 23 Juli 2024.

Pada kesempatan yang berbeda, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan infrastruktur air bersih di IKN akan siap digunakan dalam waktu dekat.

Sumber air baku di IKN, termasuk Intake Sungai Sepaku dan Bendungan Sepaku Semoi mempunyai kapasitas yang cukup dan akan siap digunakan dalam waktu dekat. Sumber air baku Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3.000 liter per detik, sedangkan Bendungan Sepaku Semoi 2.500 liter per detik,” ujar Danis di Jakarta, Rabu, 24 Juli 2024.

Update pembangunan IKN

Selain itu, Danis juga mengklaim ketercapaian pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara di IKN mencapai 87,6 persen. Sedangkan Kantor Presiden sebesar 88,5 persen per 18 Juli 2024. Kemudian, Kantor Sekretariat Presiden dan gedung pendukung telah mencapai 93,86 persen dan Sumbu Kebangsaan/Plaza Seremoni tahap pertama sudah rampung 100 persen.

“Progres pembangunan Kantor Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) saat ini sudah mencapai 84 persen. Sedangkan pembangunan Kantor Kemenko bervariasi, Kemenko 1 ada 83,4 persen, Kemenko 2 sebesar 42,7 persen, Kemenko 3 itu 87,9 persen, dan Kemenko 4 sebesar 91,5 persen,” kata Danis.
https://bisnis.tempo.co/read/1896247...inum-disiapkan
kondisi masyarakat di sekitar IKN..

kakekane.cell
soelojo4503
aldonistic
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
677
42
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
675.7KThread43.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.