Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Dari Plastik, BBM, Snack hingga Tiket Konser Diisukan kena Cukai, Setuju Gansist?










Dari Plastik, BBM, Snack hingga Tiket Konser Diisukan kena Cukai, Setuju Gansist?
Setujukah penerapan cukai pada produk plastik untuk mengurangi dan mengatasi permasalah sampah?/Sumber gambar: detikFinance



Dari Plastik, BBM, Snack hingga Tiket Konser Diisukan bakal Dikenakan Pungutan Cukai, Setuju Nggak Gansist?emoticon-Big Grin

Kurangnya pendapatan negara dari cukai telah menjadi perhatian utama dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan penerimaan negara. Cukai adalah salah satu sumber pendapatan penting bagi negara, namun sayangnya, kurangnya penerimaan dari sektor ini telah menimbulkan dampak yang signifikan.

Penyebab utama kurangnya pendapatan negara dari cukai antara lain adalah praktik penyelundupan barang ilegal yang tidak terkena cukai, pemalsuan dokumen, serta rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar cukai yang seharusnya. Hal ini berdampak pada terganggunya stabilitas ekonomi negara dan menghambat pembangunan infrastruktur serta program-program pembangunan yang dibiayai dari penerimaan cukai.


Quote:




Dari Plastik, BBM, Snack hingga Tiket Konser Diisukan kena Cukai, Setuju Gansist?
Dalam acara kuliah PKN STAN tersebut mengemukakan bahwa barang-barang yang dikenakan cukai di Indonesia masih sangat tertinggal jauh bahkan jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan ASEAN, sasaran cukai baru 3 yaitu etanol, etil alkohol dan hasil tembakau. Sedangkan di Malaysia dan Singapura ada 4, Filipina ada 8, bahkan di Brunei Darussalam ada 22, topografi pun kena cukai.

Menurut mereka, seharusnya apapun yang menganggu masyarakat dan mengganggu ekonomi, seperti misalnya kendaraan bermotor, produk plastik dan produk pangan olahan natrium seperti snack kemasan, yang bisa menimbulkan penyakit tidak menular dapat dikenakan cukai.

Tiket konser termasuk yang diutarakan oleh mereka, namun nggak tahu alasannya apa!emoticon-Big Grin


Quote:




Spoiler for :


Spoiler for :


Dalam rangka mengatasi masalah ini, pemerintah perlu melakukan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan pendapatan dari sektor cukai. Juga termasuk upaya pencegahan terhadap penyelundupan barang ilegal dan pemalsuan dokumen harus ditingkatkan, sanksi yang lebih tegas perlu diberlakukan bagi pelaku pelanggaran, dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya membayar cukai juga perlu ditingkatkan.

Selain itu, perlu adanya kerja sama antara pemerintah, lembaga terkait, dan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar cukai demi pembangunan negara yang lebih baik. Dengan langkah-langkah yang tepat dan sinergi antara semua pihak terkait, diharapkan pendapatan negara dari cukai dapat ditingkatkan sehingga dapat mendukung pembangunan nasional secara optimal.


Sumber Tulisan dan Gambar:

CNBC Indonesia
putra.sampurna
krukov
fadahoy
fadahoy dan 10 lainnya memberi reputasi
11
899
70
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan
KASKUS Official
9.3KThread6.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.