Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

penyukabiruAvatar border
TS
penyukabiru
Mengenal Lebih Dekat Kapulaga: Rempah Khas Nusantara
Hai hallo back again dengan gue penyukabiru in a good way ... kali ini gue mau bikin thread tentang Kapol atau kapulaga.

Ini terinspirasi dari aki gue yg sudah tiada. Dulu beliau punya pohon kapol, dan kalo panen banyak pisan. Out of nowhere aja gue kepikiran tentang kapol atau kapulaga.


Kapulaga dikenal dengan banyak nama: kapulogo/kapulaga (Jawa.); kapol (Sunda.); kapolagha, palagha (Madura.); kapulaga, karkolaka (bahasa Bali); kapulaga, garidimong (Sulsel); pelaga, puwar pelaga (Sumatera.); palaga, puwa palago (Minangkabau.); kapulaga, kardamunggu (Betawi.)



Juga, kepulaga, puar, pelaga (Mal.); amome à grappe (Prc.); serta Java cardamom, round cardamom, false cardamom (Ingg.). Namun ada pula yang mengenalnya sebagai Siamese cardamom, meskipun ini mungkin merujuk pada spesies yang berbeda.



Mengenal Lebih Dekat Kapulaga: Rempah Khas Nusantara


Kapulagaadalah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean).


Kedua genera ini adalah tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan; biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.

Spoiler for kapulaga atau kapol:


MANFAAT


Kapulaga sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional. Kapulaga dapat dijadikan anti-depresan, caranya dengan mencampurkannya di air dalam gelas, tunggu hingga mengendap (sekitar 30 menit); sebelum dan saat diminum, dapat diselang dengan menghirup aromanya. Tidak hanya itu kapulaga bahkan menjadi salah satu komoditas ekspor yang penting terutama untuk di negara-negara timur tengah, mesir dan India.


Spoiler for pohon kapulaga :



VARIAN


Ada 2 macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia.

1. Kapulaga jawa


W.compacta adalah tumbuhan asli dan endemik di wilayah perbukitan di Jawa bagian barat. Kini ditanam dan mungkin meliar di berbagai tempat, W.compacta terutama dihasilkan secara komersial dari Jawa Barat dan Sumatra bagian selatan.

Tanaman ini terutama menyenangi wilayah dengan kelembaban yang tinggi, curah hujan antara 2.500-4.000 mmpertahun, suhu tahunan yang kurang lebih hangat dan stabil (23-28 °C), dan banyak hari hujan (sekurangnya 136 hari dalam setahun). Kapulaga juga menghendaki tempat yang setengah ternaungi, pada tanah-tanah yang terdrainase dengan baik, pH 5-6,8, dan memiliki kandungan bahan organik yang cukup tinggi


Spoiler for kapulaga jawa:




2. Kapulaga seberang


Awalnya memang hidup liar, namun kini kapulaga sabrang dibudidayakan sebagai tanaman rempah. Tumbuhan berbatang basah ini memiliki batang berpelepah daun yang membalut batangnya. Letak daunnya berseling-seling.

Bunga tumbuhan ini tersusun dalam tandan yang keluar dari rimpangnya. Buahnya berbentuk bula telur, berbulu, dan berwarna kuning kelabu. Buahnya berkumpul dalam tandan kecil dan pendek.

Bila masak, buahnya akan pecah dan membelah berdasarkan ruang-ruangnya. Di dalamnya terdapat biji yang berbentuk bulat telur memanjang.


Kapulaga sabrang memiliki aroma bau sedap. Aroma sedap ini berasal dari kandungan minyak atsiri pada kapulaga.

Spoiler for kapulaga seberang :



Dalam konteks perdagangan, aneka jenis cardamom (= kapulaga) dihasilkan dari sekurang-kurangnya 4 genera, yakni Aframomum K. Schumann, Alpinia Roxb., Amomum Roxb., dan Elettaria Maton;dengan jenis E. cardamomum yang dianggap sebagai true cardamom.[2]

Marga Amomum sendiri memiliki banyak spesies yang menghasilkan false cardamom (= kapulaga pengganti). Selain W.compacta, yang merupakan jenis kapulaga penting dari Asia Tenggara, ada beberapa spesies penghasil kapulaga yang digolongkan sebagai jenis minor seperti A. acre Val., A. krervanh Pierre, A. ochreum Ridl., A. testaceum Ridl., A. uliginosum Koenig, A. xanthioides Wall., A. xanthophlebium Baker; serta dari luar Asia Tenggara: A. aromaticum Roxb. dan A. subulatum Roxb.

Kapulaga digunakan untuk masakan apa saja?


Kamu bisa menambahkan rempah ini dalam hidangan gurih seperti kari ayam dan kambing, hidangan tandoori, biryani atau bahkan zafrani pulao dan taheri. Penambahan rempah ini bisa memberi tambahan rasa dan aroma yang membuat masakan lebih nikmat.


Daerah penghasil kapulaga


Mengutip data Produksi Tanaman Biofarmaka Menurut Provinsi dan Jenis Tanaman tahun 2021 yang dikeluarkan BPS, berikut adalah daerah penghasil Kapulaga terbesar di Indonesia:

1. Jawa Barat 89.021.626 kg
2. Jawa Tengah 26.526.398 kg
3. Sumatera Utara 3.170.591 kg
4. Sumatera Barat 2.150.983 kg
5. Jawa Timur 1.891.389 kg


Buah dari tanaman kapulaga berbentuk bulat telur, berbulu, berwarna kuning kelabu, dan biasanya muncul pada sebuah tandan kecil dan pendek. Buah Kapulaga yang sudah matang atau tua kemudian akan pecah dan mengeluarkan biji.

Biji kapulaga inilah yang digunakan sebagai rempah pada masakan. Tanaman kapulaga dipanen dan dipipil bijinya menggunakan tangan satu persatu. Biji kapulaga juga tidak bisa langsung dijual, namun membutuhkan waku pengeringan dan penyortiran sebelum dijual ke pasaran.


daerah penghasil kapulaga

masakan yg ada kapulaga

Kapulaga seberang

kapulaga bisa tumbuh dimana

kapulaga jawa

sumber mengenai kapol


...

Sekian isi thread gue mengenai kapol aka kapulaga. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang rempah yg satu ini.


..
Comment yg bermanfaat yaa.
Thank-you yg udah baca.
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih
tiyoz
spite
viensi
viensi dan 7 lainnya memberi reputasi
8
260
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.1KThread87KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.