Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

matt.gaperAvatar border
TS
matt.gaper
Jokowi Rela ke Abu Dhabi Demi IKN, Anthony Budiawan: Masa Presiden Kejar Investor
Jokowi Rela ke Abu Dhabi Demi IKN, Anthony Budiawan: Masa Presiden Kejar Investor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengejar investor untuk proyek Indonesia Maju, kali ini dengan mengunjungi Abu Dhabi.

Langkah ini dilakukan dalam upaya memperkuat hubungan bilateral serta menarik investasi besar-besaran untuk proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

Anthony Budiawan analis ekonomi mengkritik keputusan Presiden Jokowi ini.

Menurut Anthony Budiawan ini sebagai tindakan yang menunjukkan prioritas presiden dalam mengejar investasi di tengah kondisi ekonomi yang sulit.

Anthony Budiawan menjelaskan kehadiran Jokowi di Abu Dhabi menandai upaya serius pemerintah untuk mendapatkan dukungan finansial dari lembaga keuangan internasional.

Termasuk keluarga kerajaan dan investor swasta.

Namun Anthony Budiawan mempertanyakan keefektifan strategi ini mengingat proyek-proyek besar seperti IKN sering kali tidak memberikan keuntungan finansial yang jelas.

Dikutip dari youtube Bambang Widjojanto, Anthony Budiawan menjelaskan "Dalam situasi ekonomi yang sedang sulit seperti sekarang, ide untuk menarik dana dari family office atau dana soberan negara terlihat menarik, tetapi juga harus dipertimbangkan dengan cermat."


"Investasi semacam ini cenderung bergantung pada kekuatan monopoli atau akses politik, bukan pada potensi pengembalian investasi yang nyata," ungkap Anthony Budiawan.

Proyek-proyek infrastruktur skala besar seperti IKN, meskipun memiliki dampak positif dalam jangka panjang.

Menurut Anthony Budiawan sering kali tidak memberikan keuntungan finansial yang sebanding dalam jangka pendek.

Anthony Budiawan menyarankan agar pemerintah lebih berhati-hati dalam mengejar investasi asing terutama dalam hal kondisi dan persyaratan yang diberlakukan.

Anthony Budiawan menekankan "Sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa setiap investasi besar yang kita kejar tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan proyek tertentu."

"Tetapi juga untuk memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi perekonomian nasional," tegas Anthony Budiawan.

Kritik Anthony Budiawan terhadap kebijakan ekonomi pemerintah termasuk upaya menarik investasi asing untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur menjadi sorotan di tengah kondisi ekonomi global yang belum stabil.

Anthony Budiawan juga menyoroti masalah internal seperti korupsi, penghindaran pajak, dan kebijakan fiskal yang dianggap merugikan keuangan negara.

Anthony Budiawan menjelaskan "Saat ini kita melihat banyak masalah struktural dalam manajemen keuangan dan kebijakan ekonomi yang berpotensi merugikan keuangan negara."

"Ini termasuk kebijakan insentif pajak yang cenderung menguntungkan korporasi besar daripada keuangan negara secara keseluruhan," jelas Anthony Budiawan.

Pemerintah di bawah kepemimpinan Jokowi diharapkan Anthony Budiawan dapat mempertimbangkan dengan matang setiap langkah ke depan dalam mengejar investasi asing.

Anthony Budiawan memperingatkan bahwa kebijakan ekonomi yang tidak hati-hati dapat memperburuk kondisi keuangan negara dalam jangka panjang.

Meskipun mungkin memberikan dorongan singkat dalam pertumbuhan infrastruktur nasional.***


https://www.bisnisbandung.com/nasion...kejar-investor

Sudah oversubscribed
konstols
heywhyu595331
kucinghaohao
kucinghaohao dan 4 lainnya memberi reputasi
5
692
49
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
675.7KThread43.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.