Kaskus

Automotive

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Isuzu Elf Seruduk Truk di Jalan Tol Solo-Semarang, 6 Orang Meninggal di Lokasi

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Isuzu Elf Seruduk Truk di Jalan Tol Solo-Semarang, 6 Orang Meninggal di Lokasi
Quote:


Kecelakaan yang melibatkan truk kembali terjadi nih Gan, kali ini menyebabkan 6 orang meninggal di lokasi. Merangkum informasi dari Kompas.com, kecelakaan terjadi pada Sabtu (13/07/2024) sekitar pukul 04.00 pagi; Isuzu Elf dengan nopol AG-7710-V yang membawa 22 penumpang menabrak truk dengan nopol H-8593-NG berisi bata ringan yang melaju di depannya.

Akibat kecelakaan bodi depan Elf rusak parah, menyebabkan 6 penumpang meninggal di lokasi, dua diantaranya masih balita. Kecelakaan terjadi di KM 497+800 B Jalan Tol Solo-Semarang wilayah Boyolali, Jawa Tengah. Sementara 14 orang alami luka ringan, dan 2 orang lainnya selamat tanpa alami cedera. Menurut keterangan polisi, Elf melaju dari arah Surabaya dan hendak menuju Yogyakarta. Menurut dugaan sementara polisi, diduga sopir Elf mengantuk, sehingga tidak melihta truk yang ada di depannya.

Polres Boyolali bersama unit Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Jateng saat ini masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kecelakaan. Saat ini Elf dan truk yang terlibat kecelakaan sudah diamankan pihak kepolisian. Menurut informasi, Elf itu membawa rombongan guru SD Darul Falah dari Jalan Kalilom Lor, Kota Surabaya. Data enam korban meninggal sebagai berikut: AD (4 tahun) perempuan, A (9 bulan) laki-laki, AR (26 tahun) laki-laki, AM (69 tahun) laki-laki, AFG (24 tahun) laki-laki dan RF (27 tahun) perempuan.

Quote:


Sebagai tambahan informasi bagi Agan, Isuzu Elf merupakan kendaraan yang populer digunakan oleh banyak penyedia jasa travel di Indonesia. Selain mesin yang bandel, kendaraan ini juga bisa membawa banyak penumpang karena sasisnya sama dengan sasis truk Isuzu NLR yang panjang.

Dalam keterangan kepada media, Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi mengatakan, selain mengantuk; polisi menduga jika Elf membawa penumpang melebihi kapasitas. Dari keterangan beliau ini, penulis kemudian melihat website resmi Isuzu. Di website Astra Isuzu, disebutkan jika Elf maksimal hanya boleh membawa 20 orang (termasuk sopir).

Karena bodi dan interior Elf dikerjakan pihak karoseri, bisa saja ada penambahan konfigurasi bangku penumpang. Sementara dalam kasus ini, tidak diketahui apakah ada penambahan konfigurasi bangku atau tidak ? Jika polisi menduga Elf melebihi kapasitas, kemungkinan karena ada balita yang ikut dan dipangku orangtuanya, di mana balita yang dimaksud meninggal dalam kecelakaan tersebut. Sampai saat ini, kita masih harus menunggu hasil penyelidikan dari pihak terkait untuk menentukan penyebab kecelakaan.

Quote:


Elf yang terlibat kecelakaan punya nama resmi Isuzu NLR-55B LX, spesifikasinya sama dengan Isuzu NLR-55T LX yang merupakan versi truk. Mesin kedua varian ini sama, yakni memakai mesin diesel berkode 4JB1-TC In-line 4 Cylinders serta dilengkapi transmisi manual 5-speed. Tenaga yang dihasilkan 100 PS dengan torsi 220 Nm dan kapasitas tangkinya 100 liter. Dimensinya punya panjang 6 meter, lebar 1,8 meter serta tinggi sekitar 2 meter.

Dari kejadian ini kita bisa mengambil hikmahnya, yakni jangan memaksakan diri jika menyetir jarak jauh. Sebaiknya meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Sekian tulisan kali ini, sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



----------------




Referensi Tulisan: Kompas.com& Astra Isuzu
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 15-07-2024 14:06
mr.b3k
69banditos
farell.6005
farell.6005 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
766
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
KASKUS Official
28.1KThread18.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.