Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Kuping Kopok! Kecubung Dianggap Lebih Berbahaya daripada Sabu, Ini Faktanya Gansist









Kuping Kopok! Kecubung Dianggap Lebih Berbahaya daripada Sabu, Ini Faktanya Gansist
Buah Kecubung Dianggap Lebih Berbahaya daripada Sabu dan Jenis Narkoba Lainnya, Ternyata ini Faktanya menurut Dokter!

Kasus terbaru tentang sebanyak 44 orang yang kedapatan mabuk kecubung dan berakhir di rumah sakit jiwa di Banjarmasin sekarang lagi ramai dibicarakan nih gansist, apalagi setelah dua yang lainnya dinyatakan meninggal dunia. Ungkapan-ungkapan narasi di internet pun menyeruak, bahkan ada yang sampai sebut jika kecubung ternyata lebih berbahaya daripada narkoba jenis sabu, kokain dan heroin.

Namun sampai sekarang Indonesia tidak mengategorikan buah-buahan tersebut dalam satu jenis narkoba, dan mengenai soal kecubung lebih berbahaya dari beberapa jenis narkoba, dari pernyataan dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience (IMAN), merupakan narasi yang kurang tepat. Sebab semua jenis tanaman memiliki kandungan zat, dan memiliki efek tersendiri, terutama tanaman yang memiliki zat psikoaktif seperti kecubung.

Buah kecubung atau Datura metel merupakan tanaman yang cukup kontroversial karena efek psikoaktif yang dimilikinya. Dalam beberapa kasus, kecubung telah disalahgunakan sebagai zat adiktif dan mengakibatkan dampak yang serius bagi kesehatan. Dikarenakan tanaman ini adalah yang cukup mudah dicari dan untuk disalahgunakan, hampir mirip seperti halnya jamur dari kotoran hewan (sapi).


Quote:




Kuping Kopok! Kecubung Dianggap Lebih Berbahaya daripada Sabu, Ini Faktanya Gansist
Melihat dampak negatif yang ditimbulkan oleh buah kecubung, penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahayanya zat ini. Walaupun yang diungkapkan terbaru dari BNN Kota Banjarmasin menyatakan, buah-buahan tersebut bukan sebagai narkotika, tapi telah mengkategorikannya sebagai salah satu dari 15 tanaman berbahaya yang hampir menyerupai narkotika. Dengan demikian, pemahaman yang benar tentang kecubung dan efek buruknya perlu disosialisasikan agar masyarakat dapat terhindar dari ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh tanaman ini.

Ini hanya masalah pemakaiannya yang tidak benar ya gansist, berdasarkan keterangan laman Pustaka Kementerian Pertanian Republik Indonesia, di antara manfaat kecubung adalah mengatasi dan mengobati beberapa masalah seperti kuping kopok, kulit bengkak, sembelit, rematik, keseleo dan gangguan ketombe.

Jadi pengingat juga bagi kita, untuk jangan bermain-main dengan sesuatu yang aneh. Apalagi yang dimakan, dikonsumsi oleh kita. Sedangkan efek seperti minuman beralkohol yang sampai sekarang masih sering terlihat terjual bebas dimana-mana, pun jika minum secara berlebihan bikin bahaya, apalagi barang seperti kecubung yang telah disinyalir dari dahulu, sesuatu yang sangat membahayakan.


Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
anangherman
lorosukmo.
mancitybest
mancitybest dan 22 lainnya memberi reputasi
23
1.8K
66
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen Journalism
KASKUS Official
13.8KThread7.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.