- Beranda
- Otomotif
Seperti Inilah Jenis Motor dan Mobil yang Cocok Di Perkotaan? Jangan Salah Beli Gan
...
TS
iskrim
Seperti Inilah Jenis Motor dan Mobil yang Cocok Di Perkotaan? Jangan Salah Beli Gan
Masih ada yang belum paham menentukan jenis kendaraan yang cocok dengan kebutuhan dan aktifitasnya sehari-hari, kendaraan dengan tenaga buas dan bodi gagah nan arogan memang terlihat keren dan menonjol ketika berada di jalan perkotaan, tapi apakah itu yang sebenarnya kita butuhkan? Menyusahkan diri sendiri bukan sih?
Untuk itu, pabrikan sebenarnya sudah membuat beberapa jenis kendaraan baik motor dan mobil agar bisa dipakai secara tepat dan maksimal (sesuai peruntukannya). Contohnya kendaraan yang cocok diperkotaan adalah memiliki bentuk yang simpel, kecil tapi gesit sehingga bisa masuk ke segala jenis lebar jalan perkotaan, parkir cepat dan bisa melewati kemacetan dengan mudah.
Kendaraan perkotaan dengan karakter tersebut tentu harus didukung dengan torsi mesin yang lebih mumpuni, bukan pada horsepowernya saja. Dengan modal torsi besar urusan stop en go, meliuk dan langsung melesat akan lebih terasa tenaga spontannya meski menemui jalan menanjak
Karena mesin jarang berada diputaran/rpm tinggi membuat kendaraan dengan torsi besar jadi lebih irit bahan bakar, membawa beban berat lebih mudah. Jadi bisa disimpulkan kalau motor dan mobil bertorsi besar sangat cocok di jalan perkotaan.
Nah, kalau dilihat dari hasil pengamatan saya beberapa motor matic populer di Indonesia yang memiliki torsi tinggi adalah:
Yamaha NMAX 155(Kapasitas Mesin: 155cc, Torsi Maksimum: 13.9 Nm @ 6,500 rpm), Honda PCX 160 (Kapasitas Mesin: 160cc, Torsi Maksimum: 14.7 Nm @ 6,500 rpm), Yamaha Aerox 155 (Kapasitas Mesin: 155cc, Torsi Maksimum: 13.9 Nm @ 6,500 rpm), Honda ADV 160 (Kapasitas Mesin: 160cc, Torsi Maksimum: 14.7 Nm @ 6,500 rpm),
Untuk jenis atau tipe mobil populer di Indonesia dengan torsi besar kelas perkotaan (city car) adalah:
Honda Jazz RS CVT (Kapasitas Mesin: 1.5L i-VTEC, Torsi Maksimum: 145 Nm @ 4,600 rpm), Toyota Yaris TRD Sportivo CVT (Kapasitas Mesin: 1.5L Dual VVT-i, Torsi Maksimum: 140 Nm @ 4,200 rpm), Mazda2 GT AT (Kapasitas Mesin: 1.5L SkyActiv-G, Torsi Maksimum: 144 Nm @ 4,000 rpm), Suzuki Baleno Hatchback AT (Kapasitas Mesin: 1.4L K14B, Torsi Maksimum: 130 Nm @ 4,200 rpm), Volkswagen Polo TSI (Kapasitas Mesin: 1.2L TSI Turbo, Torsi Maksimum: 175 Nm @ 1,500-4,100 rpm), Honda Brio RS CVT (Kapasitas Mesin: 1.2L i-VTEC, Torsi Maksimum: 110 Nm @ 4,800 rpm), Daihatsu Sirion AT (Kapasitas Mesin: 1.3L Dual VVT-i (Torsi Maksimum: 120 Nm @ 4,200 rpm)
Lalu saya ada pertanyaan yang menarik ke teman saya yang pecinta otomotif, yaitu, "Bagaimana cara mengakomodasi kendaraan yang hanya punya satu, tapi maunya cocok dipakai di jalan perkotaan tapi juga tetap nyaman buat dibawa ke luar kota?".
Teman saya memberi solusi menarik, yaitu carilah kendaraan yang punya kombinasi seimbang antara torsi dan tenaganya (horsepower) seimbang biasanya cukup nyaman juga buat jalan (cruising) di tol atau perjalanan jauh. "Elo Krim, bisa cari mobil dengan kapasitas mesin sedang (1.5L - 2.0L), bisa juga yang bermesinkan turbo atau diesel. "Yang simple sih cari kendaraan mobil atau motor jenis hybrid atau listrik saja tapi harus difikirin dulu lokasi charge nya nanti dimana aja".
Original Thread © 2016 - 2024 iskrim™
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Gugel
sueeeeebener dan 12 lainnya memberi reputasi
13
741
64
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
28.2KThread•20.2KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya