Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jaguarxj220Avatar border
TS
jaguarxj220
10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Rupiah Ambles Nyaris 40%
10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Rupiah Ambles Nyaris 40%

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari, Jumat (21/6/2024), Presiden Joko Widodo merayakan ulang tahun ke-63. Ultah Jokowi tahun ini adalah yang terakhir dirayakan dengan status sebagai presiden.

Beberapa tokoh terpantau mengucapkan selamat pada pria yang mengawali karir sebagai pengusaha mebel itu. Presiden terpilih Prabowo Subianto memberi ucapan selamat dan doa di akun resmi instagramnya.

Begitu juga Anies Baswedan, calon presiden yang sempat berlaga dalam Pilpres Februari lalu, juga memberi ucapan selamat pada Jokowi melalui akun twitter resminya.

Ultah Jokowi tahun ini menjadi spesial bukan hanya karena menjadi ultah terakhirnya sebagai Presiden RI yang sudah berkuasa selama 10 tahun atau dua periode. Lebih dari itu, ultah Jokowi tahun ini juga berlangsung di tengah kejatuhan nilai tukar rupiah yang semakin parah.

Di pasar spot sampai jelang penutupan pasar hari ini, rupiah masih terbenam di kisaran Rp16.450/US$, terlemah sejak awal April 2020 lalu. Pada pagi tadi rupiah sempat menyentuh Rp16.475/US$ sebelum akhirnya terangkat oleh intervensi Bank Indonesia.

Rupiah di era kekuasaan Presiden Jokowi memang cukup merana. Ketika mengawali kepemimpinan pada Oktober 2014 lalu, nilai rupiah masih ada di kisaran Rp12.033/US$.

Pada periode pertama Jokowi, rupiah melemah dan sempat menyentuh level Rp14.698/US$ pada 28 September 2015. Ketika periode pertama Jokowi berakhir pada 2019, rupiah ditutup di Rp14.146/US$. Alhasil, selama periode pertama Jokowi, rupiah melemah 17,56% point-to-point.

Pada periode kedua rezim Jokowi, rupiah semakin parah pelemahannya. Sebagian adalah karena pecah krisis akibat pandemi Covid-19 yang sempat melempar rupiah ke level terlemah sejak era reformasi pada 23 Maret 2020 di Rp16.575/US$.

Pandemi sudah berakhir, akan tetapi dampak perubahan lanskap ekonomi global yang dibekap inflasi tinggi diikuti oleh kenaikan bunga di seluruh dunia yang juga tertinggi dalam empat dekade terakhir, sulit memberi peluang pada rupiah untuk balik menguat seperti di awal Jokowi berkuasa.

Rupiah menyentuh level terlemah baru hari ini di Rp16.475/US$, walau setelah itu berhasil bangkit di Rp16.450/US$, masih yang terlemah dalam lebih empat tahun terakhir.

Alhasil, pada ulang tahun terakhir Jokowi tahun ini sebagai presiden, rupiah sudah melemah sedikitnya 36,7% point-to-point.

Isu Kesinambungan Fiskal

10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Rupiah Ambles Nyaris 40%
Pergerakan rupiah selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo 2014-2024 (Bloomberg)


Nilai tukar rupiah semakin terpuruk belakangan ini karena kekhawatiran pelaku pasar terkait masa depan kebijakan fiskal Indonesia di bawah pemerintahan baru Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Keputusan Bank Indonesia mempertahankan BI rate di level 6,25% kemarin, meski sesuai ekspektasi pasar, mendapatkan respon yang kurang baik dari pelaku pasar hari ini. Rupiah offshore bahkan sempat menyentuh Rp16.507/US$ di pasar New York tadi malam.

"Investor asing menilai BI menganggap enteng risiko fiskal dan pelebaran defisit transaksi berjalan yang bisa melemahkan rupiah," kata Lionel Prayadi, Fixed Income and Macro Strategist Mega Capital Sekuritas dalam catatannya hari ini.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengakui, persepsi terhadap kesinambungan fiskal menjadi salah satu faktor yang menekan rupiah belakangan. Karena baru sebatas persepsi yang belum tentu benar, menurut Perry, itu menjadi faktor penekan sementara saja bagi rupiah.

Perry bilang, nilai wajar rupiah saat ini adalah di bawah Rp16.000/US$, bila melihat faktor fundamental.

"Inflasi kita rendah, pertumbuhan ekonomi juga relatif baik di 5,1%, transaksi berjalan juga defisitnya masih rendah ditambah imbal hasil investasi yang juga menarik. Faktor fundamental ini yang akan mempengaruhi tren dan kami yakini tren ke depan rupiah akan menguat dan dalam jangka pendek pergerakannya stabil," kata Perry.

Jokowi Panggil BI dan Kemenkeu

Pada Kamis kemarin, Jokowi telah memanggil para pejabat kunci sektor ekonomi yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Lalu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan Purbaya Yudhi Sadewa, serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menteri Keuangan menyatakan, pelemahan rupiah terkait situasi global dan domestik.

"Pemerintah terus memantau dan mewaspadai dinamika di atas, khususnya menjaga agar perekonomian tetap tumbuh dengan berkualitas dan stabilitas serta sustainabilitas tetap terjaga baik melalui koordinasi yang makin erat dan baik antara kebijakan ekonomi, fiskal, moneter dan stabilitas sektor keuangan," jelas Sri Mulyani dalam akun Instagram pribadinya, Kamis (20/6/2024).

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pelemahan rupiah yang disebut berkaitan dengan isu kesinambungan fiskal, tidak perlu dikhawatirkan. Alasannya, defisit anggaran Indonesia saat ini masih di bawah 3%.

“Alarmnya bunyinya di Eropa, bukan di Indonesia, Indonesia [defisit APBN] masih dibawah 3%. Jadi tenang-tenang saja ,” kata Airlangga saat ditemui di kantornya, Jumat (21/6/2024).

Airlangga menuturkan tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang kebijakan fiskal Indonesia ke depan. Batas defisit anggaran Indonesia pada tahun depan akan tetap di bawah batas 3%, sesuai dengan pembahasan APBN 2025 di DPR.

https://www.bloombergtechnoz.com/det...bles-nyaris-40


Terima Kasih Pak Jokowi. Investasi valas saya selama 10 tahun pemerintahan bapak naiknya to the moon..

Ayo lanjutkan... emoticon-I Love Indonesia


Ayo Gass.. Ayo Gasss...

To 20 ribu yok bisa yokk..
kakekane.cell
the.commandos
BALI999
BALI999 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
891
81
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.3KThread45.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.