Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
APBN Sisa 17 Triliun dan Investor Asing Kosong, Akankah IKN jadi Proyek Mangkrak?


Quote:





OPINI TS

Menurut opini TS, pemerintah memang harus lebih transparan dalam pembangunan IKN. Mundurnya Ketua Otorita IKN masih menjadi tanda tanya bagi banyak orang, terutama setelah pernyataan Bahlil yang menyebut belum adanya investor asing yang masuk. Padahal, sebelumnya pemerintah dengan optimis menyebut bahwa negara-negara seperti Uni Emirat Arab, China, hingga Korea Selatan akan menanamkan modal dalam proyek ini. Dengan situasi seperti ini, pemerintah perlu lebih gencar menggaet para investor, baik asing maupun lokal, untuk memastikan kelancaran proyek yang sangat ambisius ini.

Presiden Joko Widodo sendiri menampik isu bahwa IKN akan mangkrak dan menyatakan keyakinannya bahwa upacara HUT RI 17 Agustus 2024 bisa dilakukan di Ibu Kota Nusantara. Ini menunjukkan optimisme pemerintah terhadap progres pembangunan IKN. Pemerintah juga mengaku bahwa pembangunan fasilitas seperti rumah sakit, hotel, dan sarana lainnya hampir rampung. Meski begitu, tetap diperlukan transparansi yang lebih baik agar masyarakat bisa memahami perkembangan proyek ini secara jelas dan ikut mendukung dengan informasi yang akurat.

Meskipun kita ingin percaya pada optimisme pemerintah, penting untuk tetap realistis dan mendoakan agar tidak hanya sebagian proyek yang rampung, tetapi seluruhnya bisa diselesaikan sesuai dengan janji pemerintah. IKN diharapkan menjadi kota yang modern dan maju, sesuai dengan visi pemerintah. Dukungan dari semua pihak, termasuk transparansi dari pemerintah dan partisipasi aktif dari investor, sangat penting agar proyek ini bisa berjalan lancar dan memberikan manfaat besar bagi bangsa Indonesia.


Sumber Valid (baca baik-baik):
Link Referensi 1 , Link Referensi 2
Diubah oleh harrywjyy 16-06-2024 23:30
thetribal
gyrate
bang.toyip
bang.toyip dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.8K
103
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.