Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bakpasAvatar border
TS
bakpas
Anies Sembelih Sapi Kurban Sendiri: Saya Membayangkan Bagaimana Menjadi Ibrahim
https://megapolitan.kompas.com/read/...aimana-menjadi

Anies Sembelih Sapi Kurban Sendiri: Saya Membayangkan Bagaimana Menjadi Ibrahim



KOMPAS.com - Anies Baswedan menyembelih hewan kurbannya sendiri di Masjid Babul Khoirot, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2024). Pengamatan Kompas.com, Anies datang ke pelataran masjid sekitar pukul 09.20 WIB dengan berjalan kaki. Diketahui, usai menunaikan salat Idul Adha Senin pagi, ia dan keluarganya pulang ke rumah terlebih dahulu. Jarak antara masjid dengan kediamannya sekitar 100 meter saja. Didampingi kedua anak laki-lakinya, Anies tampak mengenakan baju koko berwarna biru tua.

Tidak lama berselang, petugas mengumumkan melalui pengeras suara bahwa sapi Anies akan disembelih.

"Sapi kurban nomor kalung satu, atas nama keluarga Bapak Anies Rasyid Baswedan," ujar petugas. Anies kemudian mengambil sebilah golok. Sementara itu, belasan orang petugas tampak berusaha membaringkan sapi berjenis limosin dengan berat sekitar 900 kilogram itu. Meski sempat memberontak, sapi itu berhasil dibaringkan dan siap untuk disembelih. Baca berita tanpa iklan. Diiringi lantunan takbir petugas dan warga, Anies pun melakukan penyembelihan seekor sapi tersebut. Proses selanjutnya diserahkan ke petugas.

Dijumpai setelah proses penyembelihan, mantan calon presiden pada Pilpres 2024 itu mengatakan, ada makna penting di balik kurban yang ia lakukan. "Saya membayangkan bagaimana menjadi Ibrahim. Ketika yang diletakkan adalah anak kandungnya yang sudah ditunggu begitu lama, proses itu adalah sebuah proses keikhlasan yang luar biasa," ujar Anies. Anies berharap, dalam momen Idul Adha ini, semua pihak dapat mengambil pelajaran dan teladan dari keluarga Nabi Ibrahim.

"Dan tentunya kita semua di sini ikut mengambil hikmah, mengambil pelajaran dari peristiwa yang dialami oleh keluarga teladan, keluarga Ibrahim AS, di mana keikhlasan, ketakwaan, diuji yang amat berat," kata Anies lagi. Diketahui, selain berkurban di Jakarta, Anies dan keluarga juga berkurban di Yogyakarta, Kuningan, dan beberapa kota lain. Tahun ini bukan kali pertama Anies memotong sendiri hewan kurbannya. Sebelumnya, Anies selalu mendampingi ayahnya saat Idul Adha. Ia berharap, tradisi ayah anak ini akan diteruskan oleh anak-anaknya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Sembelih Sapi Kurban Sendiri: Saya Membayangkan Bagaimana Menjadi Ibrahim", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/...imana-menjadi.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
mnotorious19150
brucebanner23
brucebanner23 dan mnotorious19150 memberi reputasi
2
514
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.