Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Kominfo Semakin Dekat Blokir X, Masyakarat Diminta Bersiap Pindah Medsos!


Quote:





OPINI TS

Menurut opini TS, laman pusat bantuan X saat ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk memposting konten dewasa atau NSFW (Not Safe For Work) selama konten tersebut diproduksi dan didistribusikan atas kesepakatan bersama serta diberi peringatan dan label yang jelas. Bagi banyak orang, ini mungkin terdengar seperti cara yang adil untuk mengatur konten sensitif, memberikan pilihan kepada pengguna untuk menikmati atau menghindarinya. Namun, di Indonesia, di mana aturan terkait kesusilaan dalam dunia digital sangat ketat, kebijakan ini tentu saja bertentangan dengan regulasi yang berlaku, khususnya Pasal 27 ayat (1) dalam UU ITE, yang melarang penyebaran konten yang melanggar kesusilaan.

Kominfo mengingatkan para pengguna platform X untuk bersiap-siap pindah ke platform lain, mengantisipasi kemungkinan pemblokiran platform X. Ini adalah peringatan yang perlu diambil serius oleh para pengguna yang selama ini mungkin merasa nyaman dengan kebebasan yang ditawarkan oleh platform X. Meski mengutamakan kebebasan berekspresi, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap negara memiliki aturannya masing-masing yang harus dihormati. Bagi pengguna X, ini bisa menjadi momen untuk menemukan platform lain yang lebih sesuai dengan peraturan di Indonesia, atau setidaknya yang lebih terjamin keamanannya dari sisi hukum.

Meski peringatan dari Kominfo terkesan tegas, perlu diingat bahwa regulasi seperti UU ITE dibuat untuk melindungi masyarakat dari konten yang dianggap tidak pantas atau merusak moral. Tidak sedikit orang yang merasa terganggu atau bahkan dirugikan oleh penyebaran konten NSFW tanpa pengawasan ketat. Jadi, meski kebebasan berekspresi penting, keseimbangan dengan norma dan aturan setempat juga perlu dijaga. Pindah ke platform lain yang lebih sesuai dengan regulasi bisa jadi langkah bijak untuk memastikan konten yang kita konsumsi atau bagikan tidak hanya aman tetapi juga sesuai dengan hukum yang berlaku.


Sumber Valid (baca baik-baik):
Link Referensi 1 , Link Referensi 2
timooo235621
silverfolk
eko.python
eko.python dan 23 lainnya memberi reputasi
24
3K
165
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.9KThread5.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.