Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

antaranews.Avatar border
TS
antaranews.
Kemiskinan Ekstrem Diupayakan di Bawah 1% di Penghujung Pemerintahan Jokowi
Jakarta: Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) berupaya menekan angka kemiskinan ekstrim. Diharapkan, angka kemiskinan ekstrem di bawah 1 persen di penghujung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Angka kemiskinan ekstrim kita tinggal 1,12 persen per Maret lalu. Mudah-mudahan tahun ini nanti bulan Juli akan keluar hasilnya bisa di bawah 1 persen. Kami optimis kalau bisa di bawah 1 persen," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono dalam Deputy Meet The Press di Kantor Kemenko PMK, Senin, 3 Juni 2024.

Nunung menyampaikan persentase kemiskinan ekstrem di sejumlah provinsi, terutama di wilayah timur, relatif masih tinggi. Kemenko PMK bakal berkoordinasi dan memonitor langsung penanganan kemiskinan ekstrem di sana.

"Kemudian untuk yang di Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Jawa Barat, itu juga kami pastikan melakukan program dan monitoring. Karena otomatis kalau jumlah penduduknya banyak, meskipun persentasenya kecil, kan jadi cukup banyak," ujar dia.

Selain itu, Kemenko PMK bakal mengarahkan kementerian lembaga terkait untuk benar-benar memaksimalkan pengentasan kemiskinan ekstrim. Mereka diminta bekerja maksimal di sisa akhir periode Presiden RI Joko Widodo.

"Jadi yang kita lakukan yang jelas beberapa minggu terakhir ini kami memastikan K/L untuk di sisa waktu 7 bulan ke depan benar-benar bekerja," ujar Nunung.


Diperkirakan pekan depan, kementerian lembaga dan  pemerintah daerah melakukan sharing keberhasilan pengentasan kemiskinan ekstrim di wilayahnya. Evaluasi juga dilakukan terhadap pemanfaatan data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) hingga pembangunan sistemnya.

"Jadi sisa tujuh bulan ini betul-betul kita pastikan agar semua yang direncanakan itu jalan termasuk juga anggaranya tentunya. Nah kami dibantu lagi oleh BPKP dan KPK juga mengawasi kaitannya dengan tagging anggaran untuk kemiskinan ekstrem," ujar dia.

https://www.metrotvnews.com/read/b1o...intahan-jokowi

Ya Allah, mas gansis, tandanya kita semua akan masuk surga emoticon-Mewek
BALI999
BALI999 memberi reputasi
1
175
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.