Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mnotorious19150Avatar border
TS
mnotorious19150
Pengusaha Rental Bentuk Tim Buser: Bisa Bantu Cari Unit Bermasalah Gratis
Pengusaha Rental Bentuk Tim Buser: Bisa Bantu Cari Unit Bermasalah Gratis

Jakarta -

Maraknya kasus penggelapan mobil rental jadi salah satu risiko dalam bagi pemilik rental mobil. Untuk itu, hadir komunitas Buser Rentcar Nasional (BRN).

Ketua Umum Rentcar Nasional (BRN) Sulaiman Zuhri mengungkapkan hadirnya komunitas ini supaya penanganan masalah mobil rental bisa lebih efektif. BRN diketahui merupakan komunitas dengan anggota yang sudah mencapai 2.200 orang pemilik dan pengelola usaha rental mobil. Mereka merupakan relawan yang tergabung di dalamnya.

"Kalau misalnya ada mobil di Jakarta bermasalah di Aceh, ya orang Jakarta nggak perlu ke Aceh, cukup orang Jakarta kasih data-data ke Korda (Koordinator Daerah). Nanti orang dari Aceh itu yang menyentuh unit (mobil yang dibawa penyewa) tersebut," kata Sulaiman kepada detikOto, Selasa (11/6/2024).

"Itu unitnya apa masalahnya; apakah tergadai, atau hanya masalah payment atau apapun itu. Jadi kita tidak nggak tahu indikasi mobil kalau mobil belum kita sentuh," tambahnya lagi.

Dia mengungkapkan masalah mobil rental bukan cuma penggelapan saja. Namun juga disebabkan masalah lain dari penyewa dan pemilik sewa.

"Mobil yang tergadai, terjual, ada juga yang mungkin nyewa itu lagi nggak ada uang, belum nelpon pemilik, atau teleponnya hilang," sambungnya lagi.

BRN dibentuk lantaran pengusaha mobil rental rentan dengan kasus berkaitan dengan mobil sewaan mulai dari penggelapan, pencurian, dan digadai.

"Yang tahu kearifan lokal, dan lebih hebat untuk negosiasi, diskusi kan masing-masing daerah. Misalnya orang Aceh, dan komunikasinya lebih baik ngeberesin masalah di Aceh karena punya bahasa sendiri, begitu juga kalau orang Aceh ada masalah di Jakarta, orang Jakarta pasti lebih ngerti, secara geografi ataupun budaya ataupun bahasa. Itu yang menyebabkan tingkat keberhasilan penarikan mobil di BRN persentasenya lebih besar," terangnya lagi.

Ia memastikan, penyelesaian mobil yang bermasalah ini pun tanpa pungutan biaya. Biaya registrasi hanya dikenakan saat masuk menjadi anggota BRN. Nantinya ketika sudah bergabung menjadi bagian BRN, setiap anggota akan dimintai pertolongan sewaktu-waktu.

"Militansi, tidak ada (biaya). Cuma ya nanti saat anggota BRN, misalnya bapak (pemilik rental) tinggal di Depok, nanti mobil ada masalah di Bandung, diberesin tidak ada biaya. Cuma mengambil mobil dari Bandung ke Depok itu urusan bapak," jelas dia.

"Tapi suatu ketika ada mobil dari Jawa Timur di Depok ada masalah, bapak wajib turun diminta bantuan. Jadi di sini kita namanya investasi kebaikan," sambungnya lagi.

detik.com
BALI999
brucebanner23
bengukrawe
bengukrawe dan 2 lainnya memberi reputasi
3
683
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.