Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seduluremasbowoAvatar border
TS
seduluremasbowo
6 Juni Jadi Hari Yang Spesial dan Jangan Kalian Lupakan, Soekarno Sang Proklamator

6 Juni Jadi Hari Yang Spesial dan Jangan Kalian Lupakan, Soekarno Sang Proklamator

Hari Lahir Soekarno, 6 Juni

Hari ini, 6 Juni, Indonesia memperingati hari lahir dari presiden pertama dan salah satu tokoh proklamasi kemerdekaan, Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno. Beliau lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur, dan meninggal pada 21 Juni 1970 di Jakarta.


Soekarno dikenal sebagai Bapak Proklamasi dan pencetus konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Beliau menjabat sebagai Presiden RI pertama dari tahun 1945 hingga 1967. Profil Soekarno lebih dikenal karena perannya yang kunci dalam membentuk fondasi negara ini, termasuk visinya tentang "nasionalisme, agama, dan komunisme" yang dikenal sebagai Trisakti, yang menjadi landasan bagi pembangunan sosial dan ekonomi negara.


Pendidikan awal Soekarno dihabiskan di sekolah Belanda, kemudian melanjutkan studi teknik di Technische Hogeschool (sekarang Institut Teknologi Bandung). Keterlibatannya dalam gerakan politik dimulai saat masih muda, terlibat dalam organisasi mahasiswa dan aktif dalam kegiatan politik. Soekarno juga merupakan pendiri Perserikatan Nasional Indonesia (PNI), partai politik pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1927.


Perjuangan Soekarno bersama para tokoh lainnya membuahkan hasil dengan mengantarkan Indonesia menuju kemerdekaan. Bersama dengan Mohammad Hatta, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Meskipun penuh dengan prestasi, masa pemerintahan Soekarno juga diwarnai oleh konflik politik dan ekonomi. Namun, warisannya sebagai Bapak Bangsa terus dihormati dan diingat oleh rakyat Indonesia. Monumen Nasional di Jakarta, yang dikenal sebagai Monas, menjadi salah satu dari banyak simbol yang memperingati peran pentingnya dalam sejarah Indonesia.


InRealLife
heywhyu595331
heywhyu595331 dan InRealLife memberi reputasi
0
216
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.