Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shinsounAvatar border
TS
shinsoun
Menlu Sebut Evakuasi 1.000 Warga Palestina Dilaksanakan di Masa Pemerintahan Prabowo
Menlu Sebut Evakuasi 1.000 Warga Palestina Dilaksanakan di Masa Pemerintahan Prabowo


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pelaksanaan evakuasi 1.000 warga Palestina dari Gaza untuk dirawat di Rumah Sakit (RS) Indonesia kemungkinan dilakukan pada saat pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai menjadi pembicara di Public Lecture "Diplomasi Indonesia untuk Palestina" yang digelar di Balai Senat UGM, Senin (3/06/2024).

"Jadi mungkin pada saat pelaksanaannya memang di bawah pemerintahannya Pak Presiden terpilih," ujarnya saat ditemui di Balai Senat UGM, Senin (3/06/2024).

Retno menyampaikan saat ini terus berkoordinasi terkait rencana tersebut. Dia mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Komitmen bantuan kemanusiaan itu merupakan salah satu wujud dari konsistensi Indonesia untuk membantu warga Palestina.

"Ya ini kan intinya sedang dipersiapkan semua. Jadi ini sekarang proses sedang jalan tentunya dan persiapan-persiapan seperti itu kan biasanya memerlukan waktu yang lama karena pertanyaan pertama bagaimana mereka bisa keluar dari Gaza dan sebagainya," tuturnya.

Retno Marsudi menyampaikan bantuan dari Indonesia dikirimkan baik melalui darat maupun udara. Bahkan, pernah bekerjasama dengan Jordania mengirimkan bantuan dengan cara air drop.

"Jadi begitu kita menerima ada permintaan bantuan itu biasa terus kita upayakan. Jadi komitmen kita untuk terus meningkatkan bantuan kemanusiaan terus dilakukan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, Indonesia siap mengevakuasi 1.000 warga Palestina yang terluka akibat serangan Israel untuk dirawat di rumah sakit (RS) di Indonesia. Selain itu, kata dia, Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan bantuan ke Gaza.


Jika diperlukan dan diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian, Prabowo menyebut Indonesia siap.

Hal tersebut Prabowo sampaikan saat tampil sebagai pembicara dalam sesi Special Address pada forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, Sabtu (1/6/2024).

“Kami siap segera mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza dengan persetujuan semua pihak," ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu (2/6/2024).

"Indonesia juga sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga Palestina yang terluka dan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit Indonesia. Kami bersedia mengevakuasi hingga 1.000 pasien dalam waktu dekat jika situasi memungkinkan,” sambungnya.

Menurut Prabowo, nasionalisme harus seimbang dengan kemanusiaan. Sedangkan patriotisme harus dilunakkan dengan kebijaksanaan dan penghormatan terhadap semua warga dunia.

Dia mengajak semua pihak untuk bekerja menuju kebaikan bersama.

“Bagi Indonesia, mengejar perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kesejahteraan adalah landasan utama dalam keterlibatan internasional kami. Kami yakin bahwa hanya melalui dialog dan kerja sama, kita dapat mencapai tujuan tersebut,” jelas Prabowo.

Sumber: https://yogyakarta.kompas.com/read/2...anakan-di-masa
0
690
57
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.