Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Prabowo Akui Keterbatasan Anggaran, Program Susu Gratis Disebut Bisa Diganti Telur!


Quote:





OPINI TS

Menurut opini TS, pengakuan Prabowo Subianto bahwa anggaran untuk program susu gratis perlu pertimbangan lebih lanjut menunjukkan kesadaran yang mendalam akan tantangan dalam implementasi program gizi. Dengan mempertimbangkan alternatif seperti susu kerbau atau kambing, serta mungkin menambahkan telur, Prabowo menunjukkan fleksibilitas dan adaptabilitas dalam memenuhi kebutuhan gizi anak-anak di berbagai daerah. Ini adalah langkah penting mengingat variasi ketersediaan sumber makanan dan kebiasaan konsumsi di Indonesia yang sangat beragam.

Pendekatan ini juga mencerminkan pemahaman yang lebih luas tentang kebutuhan gizi yang tidak hanya terpaku pada satu jenis makanan. Susu sapi mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk semua anak, terutama jika faktor ketersediaan, toleransi laktosa, atau kebiasaan konsumsi setempat dipertimbangkan. Susu kerbau dan kambing, yang kaya nutrisi, serta telur sebagai sumber protein yang baik, bisa menjadi alternatif yang lebih sesuai di beberapa daerah. Langkah ini menunjukkan komitmen untuk menyediakan solusi yang lebih inklusif dan adaptif terhadap realitas lokal.

Perubahan nama program dari "Makan Siang dan Susu Gratis" menjadi "Makan Bergizi Gratis untuk Anak-anak" adalah langkah strategis yang lebih mencerminkan tujuan utama program tersebut. Nama baru ini menekankan esensi dari program yaitu menyediakan makanan bergizi, tanpa terikat pada jenis makanan tertentu. Ini memberikan ruang untuk variasi menu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan preferensi lokal, serta menghindari ketergantungan pada satu sumber makanan saja.

Selain itu, perubahan ini juga dapat meningkatkan efektivitas program dalam jangka panjang. Dengan menyediakan berbagai sumber gizi, program ini dapat lebih fleksibel dalam menanggapi tantangan logistik dan anggaran. Ini juga membantu mengurangi risiko kekurangan gizi yang mungkin timbul dari ketergantungan pada satu jenis makanan. Diversifikasi menu bergizi akan memastikan anak-anak mendapatkan asupan nutrisi yang lebih seimbang, mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka dengan lebih baik.

Akhirnya, inisiatif ini menyoroti pentingnya pendekatan yang holistik dan berbasis bukti dalam merancang program gizi untuk anak-anak. Prabowo dan timnya menunjukkan bahwa mereka mendengarkan umpan balik dan siap untuk beradaptasi demi keberhasilan program. Ini adalah langkah positif yang diharapkan dapat menginspirasi program-program serupa di masa depan, memastikan bahwa setiap anak di Indonesia mendapatkan kesempatan untuk tumbuh sehat dengan asupan gizi yang memadai.


Sumber Valid (baca baik-baik):
Link Referensi 1 , Link Referensi 2
nadnos
xatria
marcelinoput355
marcelinoput355 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.3K
158
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
13KThread5.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.