Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Wow, Indonesia (C) Emas! Ternyata Hampir 10 Juta Gen Z Nganggur Lho Gansist!











Wow, Indonesia (C) Emas! Ternyata Hampir 10 Juta Gen Z Nganggur Lho Gansist!
Wow, Indonesia (C) Emas! Ternyata Hampir Mencapai 10 Juta Gen Z yang Nganggur Lho Gansist!

Melewati masa muda di era sekitar 2010an, ini jangankan untuk mencari pekerjaan bagi yang lulusan perguruan tinggi. Lha yang lulusan SMA saja susah banget lho, pertama memang dapat pekerjaan lewat bantuan teman yang sebagai supervisor di sebuah pabrik. Tapi setelah dikeluarkan, terjadilah bagaimana susahnya nyari kerja di kota besar.

Akhirnya cara terakhir pun harus ditempuh, nggak lamar kerja sana-sini tapi langsung lewat perantara yayasan yang bayarnya lumayan banyak. Itu sekitar satu dekade lalu dan ternyata sekarang pun sepertinya hampir sama lho gansist, diketahui jumlah gen Z yang nganggur di Indonesia saat ini angkanya hampir mencapai 10 juta orang.

Dikutip dari CNN Indonesia pada Rabu, 29 Mei 2024 mengabarkan jika menurut laporan terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 9,89 juta generasi Z di Indonesia saat ini menganggur. Generasi Z, yang merupakan mereka yang berusia antara 15 hingga 24 tahun, tidak sedang bekerja, tidak bersekolah, dan juga tidak mengikuti pelatihan. Angka ini memang cukup mengkhawatirkan, namun ada penurunan sebesar 0,97 persen dari tahun sebelumnya.


Quote:




Wow, Indonesia (C) Emas! Ternyata Hampir 10 Juta Gen Z Nganggur Lho Gansist!
Selain itu, pemerintah juga perlu menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi sektor-sektor yang dapat menyerap tenaga kerja generasi Z. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan insentif bagi perusahaan untuk merekrut generasi Z, atau dengan menciptakan program magang atau kerja sama antara perguruan tinggi dan industri.

Tidak hanya pemerintah, peran masyarakat juga penting dalam mengatasi masalah pengangguran generasi Z. Keluarga dan sekolah perlu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dunia kerja kepada generasi muda. Mereka perlu didorong untuk mengembangkan keterampilan dan minat mereka sejak dini, agar siap menghadapi tantangan di masa depan.

Pengangguran generasi Z bukanlah masalah yang sepele. Perhatian dan tindakan dari semua pihak sangat diperlukan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi mereka. Dengan kesempatan dan dukungan yang tepat, generasi Z dapat menjadi kekuatan produktif yang akan mendorong kemajuan negara.


Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
MemoryExpress
xatria
kubelti3
kubelti3 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
67
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.