Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Terkini, Anggaran Bansos Habiskan Anggaran Rp55 Triliun

Terkini, Anggaran Bansos Habiskan Anggaran Rp55 Triliun

Warga penerima manfaat antre saat penyaluran bantuan sosial (Bansos) cadangan beras pemerintah di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/3/2024). Pemerintah menyalurkan bansos pangan beras kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terpilih yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan telah memasuki tahap ketiga di bulan Maret 2024 dengan masing-masing KPM mendapatkan 10 kilogram beras. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kementerian Keuangan melaporkan realisasi penyaluran Bansos (Bantuan Sosial) periode Januari-April mencapai Rp 55,5 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan jumlah tersebut turun 2,9% dibanding 2023 pada periode yang sama.

"Belanja Bansos sampai April Rp 55,5 triliun. Kalau dilihat dibandingkan dengan tahun 2023, ini mengalami penurunan 2,9%," kata Sri Mulyani, dalam Konferensi Pers APBN Kita, Senin (27/5/2024).

Sri Mulyani merinci penyaluran bansos ini diantaranya untuk program-program Kementerian Sosial (Kemensos) reguler seperti Program Keluarga Harapan (PKH) 10 juta kelompok penerima, dan kartu sembako.

Kemudian penyaluran dana bansos itu juga masuk ke Kementerian Kesehatan sebesar Rp15,4 triliun untuk memenuhi pembiayaan dari penerima bantuan iuran jaminan kesehatan nasional (PBI JKN) bagi 96,7 juta peserta masyarakat tidak mampu.

"Kemudian, disalurkan melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebesar Rp10,7 triliun untuk bantuan program Indonesia pintar (PIP) kepada 7,9 siswa, dan kartu Indonesia pintar (KIP) Kuliah bagi 735,1 ribu mahasiswa," jelasnya.

Kementerian Agama juga menyalurkan anggaran bansos tersebut sebesar Rp1,6 triliun untuk bantuan pelajar yang tidak mampu 1,5 juta, dan KIP kuliah bagi 42,9 ribu mahasiswa.

"Kemudian untuk disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp64,5 miliar untuk tanggap darurat bencana," ungkapnya.





aniestoxic
aniestoxic memberi reputasi
1
274
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.