Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

earnest.sherinAvatar border
TS
earnest.sherin
REAKSI Bobby Nasution Soal Ahok Nyatakan Siap Bertarung di Pilgub Sumut

TRIBUN-MEDAN.com - Basuki Tjahja Purnama menyatakan siap maju di Pilgub Sumut jika diberi mandat oleh PDI Perjuangan.  Mantan Komisaris Utama Pertamina ini mengatakan sedang menunggu keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Keputusan itu kemungkinan bakal diumumkan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP yang berlangsung mulai 24 Mei hingga 26 Mei.

Ahok mengaku PDIP Sumut memang menawatkannya untuk maju dalam Pilgub Sumut.  Ahok secara spontan mengatakan bersedia maju di kontestasi Pilkada Sumut jika mendapatkan dukungan dari Ketua Umum PDIP.

"(DPD PDI-P Sumut) menawarkan dukungan maju," kata pria yang akrab disapa Ahok itu kepada Kompas.com, Sabtu (25/5/2024).

Kendati demikian, Ahok tak mengonfirmasi apakah dirinya siap maju Pilgub Sumut 2024 sebagai kandidat usungan PDI-P atau tidak, sebagaimana klaim Ketua DPD Sumut PDI-P Rapidin Simbolon.

Ia menegaskan bahwa keputusan terkait kandidat yang akan maju di Pilkada 2024 belum terbit. PDI-P sendiri masih melangsungkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Jakarta pasa 24-26 Mei 2024.

"Belum ada pembahasan terkait pilkada, karena rakernas juga masih berjalan," ucapnya.

Ia menyampaikan terima kasih atas wacana pencalonan dirinya oleh DPD PDI-P Sumut.

Namun, lagi-lagi ia menegaskan, keputusan ada pada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan dirinya hanya menunggu tugas.  Sebelumnya diberitakan, Ketua DPD PDI-P Sumut, Rapidin Simbolon, menyebut bahwa Ahok sudah menyatakan siap diusung dalam Pilgub Sumut 2024.

Ahok dipersiapkan menjadi penantang menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Bobby Nasution. Wali Kota Medan itu digadang-gadang maju berbekal usungan Partai Gerindra.

"Dengan Pak Ahok saya sudah dua kali berkomunikasi. 'Pak kalau Anda diterjunkan di Sumut siap enggak, siap enggak Pak Ahok?'," kata Rapidin menirukan pertanyaannya, ketika ditemui wartawan pada Sabtu (25/5/2024).

"Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut, ke Papua juga saya siap. Itu jawaban kader sejati," tambah dia menirukan jawaban Ahok.

Rapidin menuturkan saat ini PDIP Sumatera Utara masih melakukan penjaringan dan penyaringan nama-nama yang akan diusung.

Menurutnya, sejumlah sosok eksternal juga ikut mendaftar agar didukung maju dalam Pilkada Sumatera Utara 2024.

Beberapa nama tersebut seperti Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023, yakni Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah alias Ijeck.

Sementara dari internal PDIP, Rapidin mengungkapkan ada Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan. "Semua digodok nama," ungkapnya.

Dia menerangkan PDIP bisa mengusung sendiri bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara di 2024. Sebab, partai berlambang banteng moncong putih itu mempunyai lebih dari 20 persen kursi DPRD Sumatera Utara.

Meski demikian, Rapidin menyatakan PDIP tetap akan membuka pintu kerja sama dengan semua partai politik.  Sejumlah nama kini sudah mulai muncul digadang-gadang maju dalam kontestasi Pilkada 2024 di Sumatera Utara.

Salah satunya adalah menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dulunya kader PDIP, Bobby Nasution. Selain Bobby Nasution ada nama Edy Rahmayadi sebagai petahana. Mantan Gubernur Sumut ini telah menyatakan maju dalam Pilkada Sumut.

Lantas seperti apa tanggapan Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi soal Ahok turun ke Sumut?

Tanggapan Bobby Nasution
Wali Kota Medan Bobby Nasution merespon santai tentang Isu mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau dikenal dengan Ahok diusung PDIP maju Pilgub Sumut.

Menurut Bobby Nasution, majunya dirinya menjadi Calon Gubernur Sumut bukan mencari musuh. Tetapi untuk membangun Sumut.

"Saya selalu sampaikan, ini bukan siapa lawan siapa. Tapi kita mau bangun Sumut. Bukan cari lawan untuk bangun Sumut," jelas Bobby Nasution, Senin (20/5/2024).

Hanya saja saat ini tinggal masyarakat yang menilai dan melihat kompetisinya. "Bukan melawan, artinya, kita ini sama-sama ingin membangun Sumut. Tinggal melihat kompetisi yang paling cocok dengan visi misinya," ucapnya. (*/tribun-medan.com)

Kalau PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura bersatu mengusung Ahok di Pilgub Sumut maka kans menang akan sangat besar Gan.
powerostins1527
aldonistic
aldonistic dan powerostins1527 memberi reputasi
2
545
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.