Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trfpjkgbrt2Avatar border
TS
trfpjkgbrt2
WSKT dan WIKA! Perusahaan Kontruksi BUMN yang Gali Utang Sedalam Jurang
 WSKT dan WIKA! Perusahaan Kontruksi BUMN yang Gali Utang Sedalam Jurang

Suara.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) kembali menjadi sorotan publik karena utang raksasa yang terus menggunung.

Utang kedua BUMN konstruksi ini ibarat lubang sedalam jurang. Utang kedua perusahaan ini juga menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan sejumlah perusahaan plat merah lainnya.

Mengutip laporan keuangan kedua emiten ini di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (20/5/2024) WSKT menjadi pemilik liabilitas atau utang terbesar bagi BUMN hingga kuartal I-2024, tak tanggung-tanggung utang yang dimilikinya mencapai Rp 81,5 triliun. Kondisi utang itu terdiri dari utang jangka pendek sebesar Rp 21,8 triliun, sementara jangan panjang mencapai Rp 59,7 triliun.

Jumlah utang segunung ini juga diperburuk dengan kondisi rugi bersih perusahaan sebesar Rp939 miliar diperiode yang sama. Angka ini membengkak 150,59% dibandingkan posisi periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp374,9 miliar.

Selain itu, WSKT juga membukukan penurunan pendapatan usaha sebesar 20,28% menjadi Rp2,17 triliun. Padahal, pada kuartal I-2023, WSKT mencatatkan pendapatan usaha senilai Rp2,73 triliun.

Setali tiga uang kondisi yang sama juga haruys dialami WIKA, dimana perseroan memiliki utang jangka pendek sebesar Rp 17,4 triliun, sementara jangka panjang mencapai Rp 38,7 triliun dengan total jumlah utang mencapai Rp 56,2 triliun hingga kuartal I 2024.

WIKA, juga masih mencatatkan rugi bersih sebesar Rp1,14 triliun sepanjang kuartal I-2024. Kondisi ini membengkak 117% dari sebelumnya yang hanya Rp521,2 miliar.

Utang raksasa ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran berbagai pihak, mulai dari investor, kreditur, hingga pemerintah. Khusus untuk WSKT sahamnya pun kini terancam untuk dikeluarkan dari pasar modal karena hampir 2 tahun terkena suspensi oleh BEI.


https://www.suara.com/bisnis/2024/05...sedalam-jurang

Sadis bener utangnya

emoticon-Matabelo
bahlil.bahlul
bahlil.bahlul memberi reputasi
1
435
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.