Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gofivik130Avatar border
TS
gofivik130
Kemunculan 'New Moscow' di Canggu Bikin Geger, Ini Kata Warlok Bali
Kemunculan 'New Moscow' di Canggu Bikin Geger, Ini Kata Warlok Bali

Badung -
Bali dibuat geger dengan kemunculan nama 'New Moscow' pada peta Google Maps di daerah Canggu. Warlok Bali pun mengungkap keresahan dan ketidaksetujuannya.
Warganet khususnya Bali kembali dihebohkan dengan kemunculan nama 'New Moscow' di peta wilayah Canggu, Bali. 

Bagaimana bisa nama itu muncul di peta?
Di Google Maps, tertera nama dalam bahasa Rusia, "New Москва", yang merujuk ke wilayah Kuta Utara atau Canggu. Tampaknya, ada yang mengganti nama daerah ini menjadi 'New Moscow', membuat banyak orang bertanya-tanya dan terkejut.

Jika ditelusuri ulang, hasil pencarian di peta digital, wilayah tersebut masih terdaftar dengan nama Desa Canggu. Banyak dugaan, kemunculan 'New Moscow' di Desa Canggu adalah keisengan semata.

Namun, apa sebenarnya yang terjadi di Canggu? Mengapa daerah itu dijuluki 'New Moscow'?

Canggu menjadi magnet bagi para wisatawan asal Rusia. Sejak beberapa tahun terakhir, Billy, salah satu warga lokal Canggu mengakui mulai banyak wisman Rusia yang datang ke Canggu. Bahkan dengan sangat mudah untuk menemukan wisatawan Rusia di daerah ini.

"Bener sih, beberapa tahun terakhir mulai banyak bule Rusia yang datang ke Canggu, sampai akhirnya sekarang kalo lagi di jalan atau lagi belanja di minimarket pasti ketemu sama wisman Rusia ataupun Ukraina," ujar Billy.

Banyak dari mereka yang memutuskan untuk tinggal lebih lama, membeli properti, atau membuka usaha di daerah ini. Hal ini membuat populasi warga Rusia di Canggu meningkat pesat.
Jika dilihat, tentu keberadaan wisman Rusia membawa dampak positif dan cuan bagi pariwisata warlok. Villa dan penginapan yang tak pernah sepi, lapangan usaha pariwisata yang kian meningkat, dan usaha restoran yang menjanjikan.
Warga Lokal Resah
Namun, di balik dampak positif tersebut timbul keresahan bagi warga lokal, tak terkecuali Billy. Ia menyebut wisman Rusia sudah mulai membuka usaha dan membentuk komunitas tersendiri. Tentu menjadi ancaman bagi pariwisata dan perekonomian warga lokal.
"Kalau aku pribadi ngeliatnya itu justru ancaman karena mereka sudah mulai membuka usaha seperti penginapan hingga rental motor. Secara awam mungkin kelihatan sebagai investor, tapi yang nggak banyak orang tau mereka di sini bentuk komunitas yang "saling support", jadi perputaran uangnya sebagian besar bukan ke masyarakat lokal," tutur Billy.

Billy menjelaskan, keberadaan wisman Rusia yang sudah semakin padat juga mengganggu ketentraman warga lokal. Beberapa oknum wisman melakukan hal-hal yang tak sesuai dengan aturan, mulai dari berkendara ugal-ugalan hingga yang terbaru adalah membuka pabrik narkoba.

"Tentu ada beberapa oknum yang berulah, misalnya berkendara yang ugal-ugalan, suka party di penginapannya sampe larut malam, beberapa kali ada kasus mesum di jalan, tidak menghargai tempat suci, tapi yang paling besar kasusnya belakangan ini mereka bikin pabrik narkoba di salah satu villa di Berawa," jelasnya.

Di balik keresahan warga lokal Canggu, Billy berharap setiap wisatawan yang berkunjung ke Canggu atau Bali, bisa lebih menaati berbagai aturan yang ada. Ia pun berharap ada penegakan khusus untuk wisatawan yang menetap di Bali.

"Harapanku wisatawan bisa lebih menghargai Bali khususnya daerah yang dikunjungi, karena nggak cuma meresahkan warga lokal tapi juga WNA lainnya yang lagi berlibur ke Bali. Aku nggak ingin citra bali sebagai tempat wisata yang dikenal karena keindahan alamnya, adat istiadatnya, jadi rusak di mata wisatawan dunia karena nggak ada penegakan khusus," ucap Billy.

klik


perbanyak teruss emoticon-Leh Uga
koploplondo972
aldonistic
aldonistic dan koploplondo972 memberi reputasi
2
917
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.