Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
TPNPB-OPM Akui Bakar Kios dan Pom Bensin di Paniai Papua Tengah

TPNPB-OPM Akui Bakar Kios dan Pom Bensin di Paniai Papua Tengah
Asap api tampak membubung dari bangunan Sekolah Dasar Negeri Inpres Pogapa di Kampung Pogapa, Intan Jaya, Papua Tengah, Rabu, 1 Mei 2024. Bangunan itu dibakar TPNPB-OPM setelah penyerangan markas Kepolisian Sektor Homeyo pada 30 April lalu. Dok. Istimewa
IKLAN
TEMPO.CO, Jakarta - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengaku bertanggung jawab atas pembakaran kios dan pom bensin di Paniai, Papua Tengah,  Selasa. Panglima TPNPB Kodap VIII Intan Jaya Brigadir Jenderal Undius Kogeya dan Panglima TPNPB Kodap XIII Paniai Mathius Pigai menyatakan bertanggung jawab atas peristiwa itu.

Juru bicara Komando Nasional TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan peristiwa pembakaran itu berawal dari pembunuhan pemilik kios di perbatasan Kota Enarotali-Kabupaten Madiyang diduga sebagai anggota TNI. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) itu kemudian membakar kios milik korban.


TNI-Polri masuk dan baku tembak berlangsung pada jam 11.54,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 Mei 2024.

Dalam kontak tembak itu, satu anggota Kodap VIII Intan Jaya, Detius Kogoya, 21 tahun, tewas. Tapi, Sebby mengatakan jenazah korban tidak bisa dievakuasi karena berada di tengah-tengah baku tembak.

Usai kontak tembak itu, pembakaran kios terjadi pada pukul 14.51. “Sejumlah kios panjang serta pom bensin dibakar oleh pasukan TPNPB,” kata dia.


Sebelumnya dikabarkan sejumlah bangunan di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, menjadi sasaran pembakaran sekelompok orang pada Selasa, 21 Mei 2024. Hingga Rabu pagi, 22 Mei 2024 sekitar pukul 08.00, TNI-Polri dan TPNPB-OPM masih terlibat kontak senjata.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024 Komisaris Besar Faizal Ramadhani menuding pelaku pembakaran SPBU dan kios itu adalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Paniai pimpinan Undius Kogoya. "Kejadian bermula saat dua orang KKB mendatangi salah satu kios milik saudara Arwin pada pukul 21.35 WIT," kata Faizal dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 Mei 2024.

Satu dari dua orang KKB itu kemudian mengeluarkan senjata api dan melepaskan tembakan. Beruntung Arwin bisa menyelamatkan diri ke dalam rumah sehingga tidak terkena peluru. "Identitas dua orang KKB masih dalam penyelidikan," kata Faizal.
https://metro.tempo.co/read/1871144/...i-papua-tengah


Kronologi Aparat Tembak Mati Anggota OPM Pembakar Kios-Sekolah di Paniai
TPNPB-OPM Akui Bakar Kios dan Pom Bensin di Paniai Papua Tengah

Foto: OPM membakar sejumlah bangunan di Paniai, Papua Tengah. (dok. istimewa)
Paniai - Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menembak mati anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) bernama Basoka Lawiya di Kabupaten Pania, Papua Tengah. Basoka ditembak usai melakukan aksi pembakaran kios dan sejumlah gedung sekolah.
Basoka cs awalnya membakar kios dan gedung sekolah di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai pada Selasa (21/5) sekitar pukul 21.35 WIT. Satgas Ops Damai Cartenz-2024 kemudian melakukan pengejaran dan tembakan balasan ke arah OPM.

"Satgas Ops Damai Cartenz-2024 merespons aksi KKB tersebut dengan melakukan pengejaran dan tembakan balasan ke arah KKB/OPM," ujar Ka Ops Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Kombes Faizal mengatakan Basoka tewas dalam kontak tembak dengan aparat usai melakukan aksi pembakaran. Jasad ajudan pimpinan OPM Undius Kogoya itu ditemukan saat aparat melakukan penyisiran sekitar pukul 22.00 WIT.

"Setelah dilakukan penyisiran, ditemukan 1 jenazah anggota KKB atas nama Basoka Lawiya alias masyarakat Kogoya," terang Kombes Faizal.

"Basoka Lawiya merupakan ajudan pimpinan KKB Undius Kogoya, di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai," tambahnya.


Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno menambahkan aparat juga menemukan sejumlah barang bukti pada jasad Basoka Lawiya. Yakni berupa magazine, teleskop, hingga handphone.

"Setelah aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Carentz menyisir lokasi kejadian, ditemukan 1 anggota KKB tewas dan telah diamankan barang bukti berupa, 1 magazine, 1 teleskop, dan 3 unit handphone," ungkapnya.

Bayu menyebut OPM pimpinan Undius Kogoya beroperasi di wilayah Intan Jaya yang kerap melakukan aksi gangguan keamanan terhadap warga di Kabupaten Paniai.

"Perlu diketahui bahwa, kelompok KKB Pimpinan Undius Kogoya merupakan kelompok KKB dari wilayah Intan Jaya yang beberapa waktu hingga saat ini melakukan aksi gangguan keamanan di Kabupaten Paniai," jelasnya.

Basoka Cs Bakar Kios dan Sekolah-Tembak Warga
Kombes Faizal mengungkap bahwa Basoka Cs awalnya melakukan aksi pembakaran sejumlah kios dan bangunan sekolah di Distrik Paniai Timur pada Selasa (21/5). Selain melakukan pembakaran, Basoka cs juga menembak warga sipil bernama Arwin.

"Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Paniai pimpinan Undius Kogoya. Berulah dengan membakar sejumlah bangunan sekolah dan kios serta melakukan aksi penembakan," ujarnya.

Faizal mengatakan kejadian itu bermula saat dua anggota OPM mendatangi kios milik Arwin. Mereka berpura-pura membeli rokok lalu menembak Arwin.

"Arwin melayaninya dengan memberikan rokok namun tiba-tiba salah satu dari 2 orang KKB tersebut mengeluarkan senjata Api dan melakukan penembakan," ujarnya.

Arwin yang tahu bakal ditembak kemudian melarikan diri sehingga tembakan tersebut meleset mengenai helmnya. Selanjutnya, dua anggota OPM tersebut melarikan diri.

"Saat penembakan terjadi, korban langsung melarikan diri ke dalam rumah sehingga tidak terkena tembakan namun terkena helm pada dinding rumah dan saat itu pula kedua KKB tersebut melarikan diri," katanya

https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...lah-di-paniai.
selain bakar kios dan hampir bakar pom bensin, KKB bakar sekolah dan mau nyerang RSUD
[/b]
0
138
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.