Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Aparat Tembak Mati 1 Anggota OPM Pembakar Kios-Sekolah di Paniai
Aparat Tembak Mati 1 Anggota OPM Pembakar Kios-Sekolah di Paniai

Aparat Tembak Mati 1 Anggota OPM Pembakar Kios-Sekolah di Paniai

Juhra Nasir - detikSulsel

Rabu, 22 Mei 2024 15:19 WIB



Foto: OPM membakar sejumlah bangunan di Paniai, Papua Tengah. (dok. istimewa)

Paniai - Satu anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) bernama Basoka Lawiya tewas ditembak aparat TNI-Polri di Kabupaten Paniai, Papua Tengah. Basoka merupakan salah satu pelaku pembakaran kios hingga sejumlah gedung sekolah.

"Satgas Ops Damai Cartenz-2024 merespons aksi KKB tersebut dengan melakukan pengejaran dan tembakan balasan ke arah KKB. Setelah dilakukan penyisiran, ditemukan 1 jenazah anggota KKB atas nama Basoka Lawiya alias masyarakat Kogoya," kata Ka Ops Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).



Jasad Basoka Lawiya ditemukan di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Selasa (21/5) sekitar pukul 22.00 WIT. Faizal menyebut Basoka adalah ajudan pimpinan OPM Undius Kogoya.



"Basoka Lawiya merupakan ajudan pimpinan KKB Undius Kogoya, di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai," bebernya.



Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno menambahkan aparat menemukan sejumlah barang bukti pada jasad Basoka Lawiya. Yakni berupa magazine, teleskop, hingga handphone.





"Setelah aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Carentz menyisir lokasi kejadian, ditemukan 1 anggota KKB tewas dan telah diamankan barang bukti berupa, 1 magazine, 1 teleskop, dan 3 unit handphone," ungkapnya.



Bayu mengaku OPM pimpinan Undius Kogoya beroperasi di wilayah Intan Jaya yang kerap melakukan aksi gangguan keamanan di Kabupaten Paniai.



"Perlu diketahui bahwa, kelompok KKB Pimpinan Undius Kogoya merupakan kelompok KKB dari wilayah Intan Jaya yang beberapa waktu hingga saat ini melakukan aksi gangguan keamanan di Kabupaten Paniai," tutupnya.



Sebelumnya diberitakan, OPM melakukan pembakaran kios hingga sejumlah gedung sekolah di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai pada Selasa (21/5) sekitar pukul 21.35 WIT. Seorang warga juga sempat menjadi sasaran tembak, namun hanya mengenai helmnya.



AKBP Bayu Suseno mengatakan OPM awalnya melakukan penembakan lalu melakukan pembakaran sejumlah bangunan hingga terjadi kontak tembak dengan aparat. Bayu menyebut akibat insiden itu 23 warga dievakuasi aparat di Mako Polres Paniai. Aparat hingga saat ini masih siaga untuk mengantisipasi aksi susulan.



"Para guru PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo Paniai dan keluarganya telah berhasil diamankan oleh aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz ke Mako Polres Paniai serta telah terdata 23 orang yaitu 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan serta 4 orang anak kecil," ujarnya.



"Untuk Saat ini, Aparat Gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz-2024 masih bersiaga untuk mengantisipasi aksi susulan dari KKB," tutupnya.



https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...lah-di-paniai.





Anggota KKB Ditembak Mati, Diduga Bakar Kios dan SD di Paniai Timur

Aparat Tembak Mati 1 Anggota OPM Pembakar Kios-Sekolah di Paniai

Anggota KKB pimpinan Undius Kogoya diduga membakar kios dan gedung sekolah di Paniai Timur, Papua Tengah. (Dok. Satgas Damai Cartenz)

Jakarta, CNN Indonesia -- Satgas Operasi Damai Cartenz menembak satu anggota KKB pimpinan Undius Kogoya, pelaku pembakaran kios dan gedung sekolah di Paniai Timur, Papua Tengah.

Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan penembakan tersebut berawal dari adanya aksi pembakaran yang dilakukan dua anggota KKB, pada Selasa (21/5) malam.



Faizal mengatakan ketika itu kedua anak buah Undius Kogoya mendatangi kios milik korban Arwin dengan modus berpura-pura membeli rokok, sekitar pukul 21.35 WIT.





"Korban Arwin melayaninya dengan memberikan Rokok. Namun tiba-tiba salah satu anggota KKB itu mengeluarkan senjata Api dan melakukan penembakan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/5).



Usai ditodong senjata oleh KKB, ia menyebut korban langsung melarikan diri ke dalam rumah sehingga tidak terkena tembakan. Tembakan yang dilepaskan tersebut akhirnya mengenai helm yang ditempatkan di dinding rumah.



Setelah gagal melakukan penyerangan, Faizal mengatakan kedua anggota KKB tersebut melarikan diri dan melakukan pembakaran ke bangunan kios serta gedung sekolah yang berada di sekitar lokasi.



Saat melakukan pembakaran, keduanya terlibat dalam kontak tembak dengan aparat TNI-Polri. Dalam serangan balasan itu petugas gabungan berhasil menembak mati salah satu pelaku yang bernama Basoka Lawiya.



"Setelah dilakukan penyisiran, ditemukan jenazah anggota KKB Basoka Lawiya yang merupakan Ajudan Pimpinan KKB Undius Kogoya," jelasnya.





Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan telah menyita sejumlah barang bukti berupa 1 magasin peluru dan sebuah teleskop di lokasi kejadian.



Di sisi lain, saat ini seluruh guru PAUD, SD dan SMP YPPGI Kepas Kopo Paniai juga telah berhasil dievakuasi ke Polres Paniai. Total pengungsi akibat pembakaran itu berjumlah 19 orang dewasa dan empat orang anak-anak.





"Untuk Saat ini, Aparat Gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz-2024 masih bersiaga untuk mengantispasi aksi susulan dari KKB," katanya.



(tfq/isn)



https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-paniai-timur.








kondisi kemarin malam


https://x.com/LeClerc30998859/status...54929570881724



https://x.com/LeClerc30998859/status...51964902588424



https://x.com/LeClerc30998859/status...81284220358931



kondisi malam ini, drone aparat mengintai KKB
https://x.com/LeClerc30998859/status/1793252857850073091



Aparat Tembak Mati 1 Anggota OPM Pembakar Kios-Sekolah di Paniai

Diubah oleh mabdulkarim 22-05-2024 15:51
dragunov762mm
dragunov762mm memberi reputasi
1
229
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.