Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bahlil.bahlulAvatar border
TS
bahlil.bahlul
Kemenkes Bakal Pakai Jaringan Internet Starlink buat Puskesmas di Pelosok


Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berencana akan menggunakan Starlink milik Elon Musk untuk memberikan akses internet puskesmas di pelosok. Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan Setiaji menuturkan hingga saat ini ada ratusan puskesmas di Indonesia yang belum memiliki internet sama sekali.

Setiaji mengungkapkan jaringan internet ini sangat diperlukan untuk faskes di seluruh Indonesia terlebih Kemenkes menginginkan digitalisasi data kesehatan seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Banyak hal yang sudah kita persiapkan dalam penguatan puskesmas ya. Puskesmas kita ini kurang lebih 745 yang sama sekali nggak punya internet," kata Setiaji ketika ditemui awak media, Kamis (16/5/2024).

Setiaji mengatakan bahwa nantinya Starlink akan mulai diuji coba setelah resmi diluncurkan Elon Musk saat berkunjung ke rangkaian acara World Water Forum di Bali, Minggu (19/5/2024). Ia menyebutkan kemampuan Starlink ini akan dilihat lagi apakah sesuai dengan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

Ia berharap ini bisa menjadi salah satu cara memperluas akses internet untuk puskesmas, khususnya untuk fasilitas kesehatan yang berada di wilayah pelosok.

"Rencana hari Minggu kita akan launching penggunaan Starlink bersamaan Elon Musk ke Bali. Kita sudah sempat coba itu mencapai 300 MB itu sangat cepat sekali. Nantinya untuk Starlink baru akan kami uji coba di puskesmas atau puskesmas pembantu," kata Setiaji.

"Ini penting untuk mengetahui kehandalannya, khususnya di kepulauan. Ini (kestabilan) yang nanti perlu kita pastikan pada saat uji coba, khususnya apakah ada kendala jika hujan, awan dan lain-lain. Termasuk untuk memastikan berapa kapasitas yang dibutuhkan di puskesmas. Apakah cukup dengan yang standar atau perlu high speed," tandasnya.

https://health.detik.com/berita-deti...mas-di-pelosok






Udah keluar duit trilyunan dan d kasih fasilitas gratis.. Kok malah pengen nyari yg berbayar??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
GEMPAL00
ushirota
BALI999
BALI999 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
252
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.