Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trfpjkgbrt2Avatar border
TS
trfpjkgbrt2
BRI Bakal Ambil Langkah Hukum soal Konten Ajakan Tarik Uang dari Bank




JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengimbau masyarakat agar tidak terpancing isu uang hilang dan bijaksana dalam menggunakan media sosial.

Pasalnya, dua minggu terakhir, muncul video atau konten media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan X, yang berisi informasi uang hilang di tabungan dan ajakan ke masyarakat untuk menarik dananya di bank.

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengatakan, BRI akan mengambil langkah hukum terhadap pihak-pihak yang sengaja menyebarkan berita atau konten yang menyesatkan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: BRI Beri Apresiasi untuk Restoran Merchant Layanan Digital

Kantor pusat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Jakarta. Jam operasional BRI selama Ramadhan 2024.

Kantor pusat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Jakarta. Jam operasional BRI selama Ramadhan 2024.(SHUTTERSTOCK/ARDIWEBS)

“BRI mengambil tindakan tegas dan mengambil langkah hukum terhadap pihak-pihak terkait, karena konten berisi informasi yang menyesatkan, merusak citra BRI dan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat,” ujar Hendy dalam keterangan tertulis, Selasa (7/5/2024).


Hendy menyebutkan, konten tersebut dengan sengaja diviralkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan meresahkan masyarakat.

Pasalnya, sebagian di antaranya berisi ajakan untuk menarik uang di tabungannya.

Konten yang berisi tentang narasi menabung di bank tidak aman serta ajakan untuk menarik semua uang di BRI ini cukup meresahkan masyarakat tersebut memiliki kemiripan, salah satunya adalah diunggah oleh akun-akun tidak kredibel.

Baca juga: Transformasi Digital, BRI Raih Dua Award dalam BSEM MRI 2024

Salah satunya adalah akun Instagram @kr1t1k_p3d45 pada 3 Mei 2024 mengunggah sebuah video yang diambil dari video lama pada 2023 di portaljtv.com dengan narasi, menabung di bank tidak aman karena adanya uang nasabah yang hilang.

Sebelumnya pada bulan April juga sempat viral di media sosial TikTok @rakyatdotnews.dan Whatsapp mengenai kasus raibnya uang Rp 400 juta nasabah di Makassar bernama Sigit Presetya pada 2018.

Padahal, uang tersebut diambil sendiri oleh nasabah dan diinvestasikan kepada pihak tidak resmi atau bodong kepada teman dekat Sigit yang merupakan eks pekerja BRI bernama Zul Ilman Amir.


Ilustrasi bank.

Ilustrasi bank.(SHUTTERSTOCK/CREATIVE LAB)

Selain itu, akun media sosial Instagram, TikTok, Facebook Rama News (@ramanews) pada 23 April 2024 juga mengunggah sebuah video yang terklarifikasi hoaks yang diambil dari akun TikTok widia_pengamatpolitik dengan narasi, adanya kejadian nasabah BRI yang kehilangan uang merupakan efek dari pemilu untuk serangan bansos.

Baca juga: Bos BRI Sebut Keputusan BI Naikkan Suku Bunga Acuan Logis dan Rasional

Lebih lanjut, Hendy menjabarkan, kejadian uang hilang yang diviralkan merupakan kejadian-kejadian lama dengan informasi yang tidak lengkap.

Misalnya video yang diunggah akun Instagram kr1t1k_p3d45 pada platform X merupakan kejadian lama (12 Juni 2023), ketika ketiga nasabah tersebut merupakan korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering.

“Jadi tidak benar apabila dinarasikan menabung di bank tidak aman, karena dalam kejadian tersebut nasabah menjadi korban pelaku kejahatan social engineering atau kejahatan penipuan perbankan,” imbuh Hendy.

Sementara informasi yang diviralkan kembali di media sosial TikTok @rakyatdotnews terkait kasus investasi bodong Rp 400 juta oleh nasabah bernama Sigit Presetya di BRI Makassar merupakan kejadian pada 29 Agustus 2018.

https://money.kompas.com/read/2024/0...-bank?page=all

emoticon-Takut
BALI999
BALI999 memberi reputasi
1
657
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.