Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Ngeri! AS Punya Genk Baru di Asia, Siap 'Gebuk' China


Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) beserta sejumlah negara lain kompak menyerang China. Kali ini terkait tindakan pemerintahan Xi Jinping pada Laut China Selatan.

Filipina dan Jepang bersama AS memberikan peringatan pada tindakan tersebut. Laut China Selatan diketahui sebagai wilayah yang disengketakan sejumlah negara dari Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia dan Vietnam.

Selama beberapa tahun terakhir, Beijing meningkatkan aktivitas di sana termasuk dengan Filipina. Presiden Ferdinand Marcos memastikan pihaknya akan mengambil tindakan balasan pada apa yang dilakukan China.

Lokasi perselisihan China dan Filipina terletak di Second Thomas Shoal. Para penjaga pantai China dilaporkan menggunakan meriam air pada kapal yang memasok kontingen pelaut di yang hidup di kapal Sierra.

Wilayah tersebut memiliki bentang sejauh 200 kilometer dari Palawan di Filipina Barat.
Dalam keterangan bersama, pimpinan AS, Jepang, dan Filipina mengatakan aktivitas yang dilakukan China sangat berbahaya. Mereka juga mengatakan sangat prihatin terkait tindakan tersebut.
"Kami menyampaikan keprihatinan serius pada perilaku berbahaya dan agresif Republik Rakyat China di Laut China Selatan," ujar mereka dikutip Al Jazeera, Jumat (12/4/2024).

Ketiganya juga mengingatkan untuk menghormati hak kedaulatan negara dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Aturan tersebut juga tercatat dalam Konvensi PBB soal Hukum Laut tahun 1982.

Sebagai informasi, China mengklaim seluruh wilayah di Laut China Selatan. Mereka menyebutnya pada sembilan garis putus-putus, yang nyatanya telah ditolak Pengadilan Internasional tahun 2016 lalu.

sumber
0
127
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.