ebenezer10Avatar border
TS
ebenezer10
Dicuri dari Indonesia, Ini Penjual Peninggalan Majapahit di New York!
New York -

Tiga artefak peninggalan Majapahit dicuri dari Indonesia dan dijual di New York, Amerika Serikat. Inilah sosok yang diduga menjadi pelaku penjualan benda bersejarah dari kerajaan paling perkasa dalam sejarah Asia Tenggara itu.

Dilansir situs web Kejaksaan Wilayah Manhattan, diakses detikcom pada Minggu (28/4/2024), nama penjual tiga artefak Majapahit itu adalah Subash Kapoor, seorang pria warga India dan Amerika Serikat (AS).

"Relief batu diselamatkan dari unit penyimpanan yang dimiliki Kapoor," tulis Kejaksaan Manhattan.



Relief yang dia maksud adalah relief peninggalan Majapahit. Benda ini langka karena jarang sekali ada benda bermaterial batu yang merupakan peninggalan Majapahit. Biasanya, peninggalan Majapahit berupa terakota (tembikar).

Selama satu dekade lebih, Unit Perdagangan Benda Antik dari Kejaksaan Wilayah Manhattan serta Investigasi Keamanan Dalam Negeri telah menginvestigasi Kapoor dan komplotannya. Mereka diduga melakukan penjarahan, pemindahan, dan penjualan artefak dari banyak negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Nepal.

Kapoor diduga menyelundupkan benda-benda bersejarah ke Manhattan dan dijual lewat galeri yang dimiliki Kapoor di Madison Avenue, bernama 'Art of the Past'.


Sejak 2011 sampai 2023, Kejaksaan Wilayah Manhattan dan Investigasi Dalam Negeri telah mengembalikan 2.500 item yang diduga hasil tindakan kriminal Kappor dan jejaringnya. Total nilainya mencapai lebih dari USD 143 juta.

Kejaksaan menangkap Kapoor sudah sejak 2012 silam. November 2019, Kapoor dan tujuh terdakwa lainnya didakwa melakukan konspirasi memperdagangkan barang antik curian. Ekstradisi Kapoor dari India sedang menunggu keputusan. Lima orang terdakwa lain sudah divonis bersalah, termasuk dua terdakwa lainnya yang didakwa, serta tiga pelaku perdagangan lain yang didakwa terpisah.
Tiga benda bersejarah yang dicuri sampai New York dan kini diselamatkan. (Sumber: Instagram KJRI New York)Tiga benda bersejarah yang dicuri sampai New York dan kini diselamatkan. (Sumber: Instagram KJRI New York)

Dilansir AFP, investigasi yang menyeret Kapoor ini dinamai aparat setempat dengan nama "Hidden Idol". Kapoor ditangkap 2011 di Jerman, dikirim ke India dan diadili serta dijatuhi 13 tahun penjara pada November 2022. Kapoor menolak dakwaan tersebut.

"Kami terus menyelidiki jaringan penyelundupan luas yang... menargetkan barang antik Asia Tenggara," kata Jaksa Wilayah Manhattan, Alvin Bragg, dalam pernyataannya, diberitakan AFP.

"Jelas masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," imbuhnya.

Selain Kapoor, Jaksa juga menyebut Nancy Wiener, warga AS, melakukan perdagangan barang antik tersebut. Wiener menjual 27 item barang antik dari Kamboja.

Baca artikel detiknews, "Dicuri dari Indonesia, Ini Penjual Peninggalan Majapahit di New York" selengkapnya https://news.detik.com/internasional...t-di-new-york.

di depan salam rahayu, dibelakang nyolong.
Diubah oleh ebenezer10 28-04-2024 05:48
scorpiolama
pesulap.merah
Zedcool
Zedcool dan 2 lainnya memberi reputasi
3
646
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.