Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
MK Tolak Semua Gugatan Ganjar-Mahfud di PHPU Pilpres 2024


Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dam Mahfud MD usai pembacaan putusan dalam sidang PHPU Pilpres 2024 di gedung MK Senin (22/4/2024). IVOOX/Fahrurrazi Assyar

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dalam PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) Pilpres 2024.


Dalam pembacaan putusan yang digelar di Gedung MK, Jakarta, hakim Suhartoyo menyatakan penolakan terhadap eksepsi dan pokok permohonan yang diajukan pihak Ganjar-Mahfud.

"Dalam eksepsi, menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan, menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," tutur hakim Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Hakim juga menegaskan bahwa sebagian besar isi putusan sengketa Pilpres 2024 serupa dengan yang telah dibacakan selama sidang gugatan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Termasuk dissenting opinion hakim sepakat dianggap dibacakan," kata Suhartoyo.

Salah satu poin dalam putusan tersebut adalah penolakan terhadap dalil nepotisme Presiden Jokowi dan dugaan abuse of power untuk memenangkan pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gobran Rakabuming Raka, dalam satu putaran.

Meskipun demikian, Ganjar Pranowo menyatakan kesiapannya untuk menerima putusan MK, bersama dengan calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud Md.

Ganjar dan Mahfud menyampaikan komitmennya yang kuat terhadap konstitusi, dan mereka akan mengikuti putusan MK tanpa keberatan.

Todung Mulya Lubis, Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud, menyatakan optimisme mereka dalam mendengarkan putusan yang dianggap progresif oleh pihak mereka.

Putusan ini menjadi titik penutup dari perjuangan hukum pasangan Ganjar-Mahfud terkait sengketa Pilpres 2024, yang telah lama dinantikan oleh publik.





0
241
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.