kissmybutt007Avatar border
TS
kissmybutt007
Google Teken Kontrak 1 Miliar Dolar AS dengan Israel, Pecat Karyawan yang Protes
Google Teken Kontrak 1 Miliar Dolar AS dengan Israel, Pecat Karyawan yang Protes
Friska Yolandha
3–4 minutes
[hr]
REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Google dilaporkan telah memecat karyawannya yang secara terbuka melakukan protes kerja sama perusahaan dengan Israel. Google dan Israel telah menekan kontrak kerjasama sebesar 1 miliar dolar AS. 
Dilansir dari Arab News pada Rabu (17/4/2024), beberapa karyawan Google ditangkap pada hari Selasa (16/4/2024) karena mengambil bagian dalam aksi duduk selama 10 jam di kantor perusahaan di New York dan California, Amerika Serikat (AS).
Protes tersebut yang diselenggarakan oleh anggota gerakan No Tech For Apartheid, dimaksudkan sebagai tantangan terhadap keterlibatan raksasa teknologi dengan pemerintah Israel. Ini berpusat pada kontrak komputasi awan senilai 1 miliar dolar AS antara Google, Amazon dan pemerintah serta militer Israel, yang dikenal sebagai Project Nimbus.
Proyek ini melibatkan pembuatan pengaturan cloud Google yang aman di Israel untuk memfasilitasi analisis data, pelatihan AI, dan layanan komputasi lainnya, lapor majalah Time.
Menurut dokumen yang bocor yang dilaporkan oleh organisasi berita Amerika Intercept pada tahun 2022, proyek ini mencakup fitur-fitur canggih seperti deteksi wajah berkemampuan AI dan kategorisasi gambar otomatis.
Selama aksi duduk tersebut, sebuah video yang disiarkan langsung memperlihatkan seorang petugas keamanan memberi tahu para pengunjuk rasa di kantor Google di California, bahwa mereka sedang cuti administratif dan memperingatkan mereka agar tidak melakukan pelanggaran.
Video di media sosial menunjukkan polisi mengusir sembilan pengunjuk rasa dari lokasi tersebut. Tindakan serupa juga terjadi di kantor perusahaan di New York.
Sebuah pernyataan dari kelompok No Tech For Apartheid mengatakan: “Pekerja Google tidak ingin kerja mereka mendorong genosida Israel terhadap warga Palestina di Gaza. Saatnya sekarang untuk bangkit melawan Proyek Nimbus, untuk mendukung pembebasan Palestina dan bergabung dengan seruan untuk mengakhiri pendudukan Israel.”
Bulan lalu, seorang karyawan Google dari grup tersebut menyela pembicaraan oleh kepala perusahaan Israel, menuduh perusahaan tersebut "mendukung genosida." Dia kemudian dipecat.
“Protes ini adalah bagian dari kampanye lama oleh sekelompok organisasi dan orang-orang yang sebagian besar tidak bekerja di Google. Sejumlah kecil pengunjuk rasa karyawan masuk dan mengganggu beberapa lokasi kami," kata seorang juru bicara Google kepada Telegraph.
Karyawan-karyawan ini diberi cuti administratif dan akses mereka ke sistem Google telah diputus. "Setelah menolak beberapa permintaan untuk meninggalkan tempat itu, penegak hukum dilibatkan untuk menghapusnya untuk memastikan keamanan kantor," kata juru bicara tersebut.


https://tekno.republika.co.id/berita...an-yang-protes



ada yg mau boikot google di sini?emoticon-Traveller
0
132
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.