• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Suasana Ramadan vs Suasana Lebaran. Mana yang Lebih Menyenangkan?

hyperzectrooperAvatar border
TS
hyperzectrooper
Suasana Ramadan vs Suasana Lebaran. Mana yang Lebih Menyenangkan?
ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Hari idul fitri adalah satu dari dua hari raya de facto umat Islam. Namanya hari raya ya pasti dirayakan dengan macam-macam cara supaya orang-orang gembira di hari tersebut. Tapi bukan cuma hari idul fitri, bulan ramadan yang bukan dianggap hari raya pun juga punya suasana khasnya sendiri yang gak kalah bikin kangen, entah itu ibadahnya ataupun hiburannya.

Mungkin agak aneh ya kalau kita bahas perbandingan keseruan ramadan dan lebaran. Keduanya saling berkaitan tapi punya suasana yang sangat berbeda. Ada jenis orang yang nggak sabar nunggu ramadan selesai, dan ada juga yang malah betah dan pengen ngerasain ramadan terus-terusan.

Nah kita bahas satu-satu dulu nih suasana bulan ramadan dan suasana lebaran.

Bulan Ramadan

Banyak banget hal asik yang bikin kangen di bulan ramadan. Diawali dengan iklan Marjan yang biasanya tayang 2 bulan sebelum Ramadan, kemudian pawai anak-anak atau macam-macam festival beberapa hari sebelum Ramadan. Cuma sirop Marjan sekarang lebarannya kecepetan 1 bulan. emoticon-Ngakak (S)

Selama bulan Ramadan juga umat Islam bukan cuma berlapar-lapar puasa. Sepanjang siang suasana bakal jadi sepi, lalu mendadak rame di sore hari karena jual beli takjil. Apalagi kalau takjil itu menunya suka beda dari bulan-bulan biasa tuh, ada kolak lah, ada kurma lah, es campur, sampe es kepal Milo lah wkwk tahun berapa itu ya.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Kalau nonton TV isi program TV juga berubah drastis di bulan Ramadan. Sahur yang di bulan biasa isinya cuma pertandingan bola dan program ulangan jadi ada program khususnya. 1-2 jam sebelum buka puasa juga ada program khususnya buat nyambut buka. Nah apalagi pas 5 menit sebelum azan Magrib, biasanya kita hafalin tuh urutan iklan di TV sambil siap-siap ngambil minum wkwk. emoticon-Ngakak (S)
Mungkin suasana meriah ini juga yang bikin puasa ramadan itu nggak secapek puasa sunnah di bulan lain.
Tradisi bleguran atau leduman
 


Nah malemnya itu, biasanya pekan pertama orang pada rame-rame solat tarawih berjamaah di masjid. Yang bocah SD biasanya sibuk ngerjain tugas catetin ceramah. Masih ada gak ya tugas sekolah begitu jaman sekarang. emoticon-Bingung (S)
Disusul macem-macem permainan, seringnya sih perang sarung atau nggak petasan ya. Kalo di daerah daerah biasanya pada maen bola api tuh. 
Jaman ane kecil kalo ada temen solat lagi ruku atau sujud malah digangguin pake gerakan smekdon Triple H.  emoticon-Ngakak (S)emoticon-Betty (S)
Spoiler for kayak gini hiks:


Masuk pekan terakhir Ramadan, biasanya orang udah sedikit yang datang ke masjid. Karena banyak juga yang udah berangkat mudik. Tapi banyak juga orang yang ngelakuin itikaf semalaman di masjid. Itu juga macem macem lah kelakuannya ada yang ngaji ada yang main game wkwk.
Nah yang terakhir itu ya mudik. Puasa di jalan, buka di jalan, sahur di jalan. Walaupun yang melakukan mudik itu bukan cuma orang Islam aja ya. Ane pribadi nggak pernah ngelakuin mudik jadi nggak tau lebih banyak asyiknya atau ngeselinnya. Tapi ane rasa mumetnya mudik akan terbayar kalau kita udah bisa meliaht muka keluarga dan kawan-kawan kita yang lama berpisah. emoticon-Cendol (S)

Dan yang ane bahas tadi baru tradisi-tradisi yang umum buat ane sebagai anak komplek di kota. Kalau mau spesifik tiap provinsi tiap suku tiap kampung nanti pasti banyak lagi tradisinya masing-masing. emoticon-Malu (S)



Lebaran

Nah masuk ke masa hari raya. Sebenarnya menjelang lebaran umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah, tapi di Indonesia nggak terlalu kerasa tradisi terkait zakat fitrah. Yang terasa itu ya bagiin amplop sama THR. emoticon-Ngakak (S)

Biasa kalau malam takbiran ada bocah yang sibuk di mesjid walaupun gak banyak, ada juga bocah yang sibuk main petasan dan kembang api. Makanya petasan dan kembang api laris manis jadi sumber kehedonan bocil-bocil. Sukur dah ane mah nggak ikut-ikutan emoticon-Stick Out Tongue.
Tradisi lain jelang hari raya biasanya sih beli baju baru. Apa mungkin karena toko-toko banyak yang diskon atau karena gengsi liat orang lain pakai baju bagus-bagus waktu solat Id dan kumpul-kumpul wkwk.

Jangan lupa makan-makannya. Kebanyakan orang mungkin paling kenal sama ketupat dan nastar. Ada yang makan opor ayam, makan rendang, tape, dan entah apa lagi. Kalau di gambar atas sih kayaknya makan lontong ya? Sumbernya bilang di Sulawesi.
Biasanya jadi kesibukan emak-emak juga nih buat masak-masak dan bikin kue jelang lebaran. Dan jangan heran kalau tiba-tiba ada temen kita yang jadi gemukan kalau habis lebaran. emoticon-Ngakak (S)

Di saat ini kalau bicara program TV biasanya justru pada libur diganti film-film. Paling programnya berita arus mudik wkwkwk. Kalau jaman dulu lebaran itu orang-orang pada musiman nonton film Warkop.

Terakhir yang paling penting adalah maaf-maafannya. Minta maaf ke tetangga sepulang solat, minta maaf ke keluarga besar, bahkan setelah liburan selesai kita juga maaf-maafan lagi dengan teman-teman di sekolah. Biasanya kalau hari pertama sekolah setelah lebaran sekolahnya cuma maaf-maafan terus langsung pulang. emoticon-Big Grin

Atau... mungkin agan lebih menunggu uang amplopnya? emoticon-Ngakak (S)
Kadang-kadang anak-anak punya kebiasaan keliling antar RT dari rumah ke rumah, barangkali dikasih duit jajan walaupun gak kenal wkwk. Kalau ane sih nggak pernah minta, cuma alhamdulillah sodara masih suka ngasih. Tapi buat pihak yang ngasih amplop, bisa habis itu THRnya kalau dipake bagiin amplop ke keponakan yang banyak wkwk.
Apalagi belakangan ada fenomena bocil ngumpul di minimarket setiap habis lebaran. Jadi sekarang ada tradisi topup game berjamaah tiap habis dapet duit lebaran. emoticon-Hammer (S)


Nah itu tadi ane udah basa-basi jabarin keseruan masing-masing hari besar tersebut. Mungkin dari sini kita bisa melihat bulan ramadan bukan cuma sebagai ujian kesabaran tapi juga ujian keseruan, bagaimana kita bisa berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang lain. Tentunya dengan cara yang baik dan tidak berlebihan ya.
emoticon-Rate 5 Star

Kalau menurut agan-agan gimana? Adakah keseruan masa ramadan dan lebaran di daerah agan yang belum ane bahas?
Kalau ane pribadi lebih suka suasana Ramadan daripada idul fitri, soalnya ane orangnya lebih tahan laper daripada tahan sosialisasi. emoticon-Shutup

Sekian aja thread kali ini, mohon maaf lahir dan batin, semoga amalan kebaikan kita diterima. Selamat berlebaran dan selamat berliburan buat kita semua.
emoticon-Ketupatemoticon-Salaman emoticon-Ketupat


Sumur






Thread-thread keren yang lain emoticon-afro
Spoiler for thread lain:
Polling
0 suara
Lebih seneng yang mana gan?
Diubah oleh hyperzectrooper 13-04-2024 11:22
0
108
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.