trfpjkgbrt2Avatar border
TS
trfpjkgbrt2
Kereta Cepat Whoosh Alami Kebocoran Akibat Hujan Deras, Penumpang Ditegur
Kereta Cepat Whoosh Alami Kebocoran Akibat Hujan Deras, Penumpang Sempat Ditegur karena Rekam Video




PIKIRAN RAKYAT - Kebocoran terjadi di Kereta Cepat Woosh keberangkatan dari Tegalluar ke Halim akibat hujan deras pada 12 April 2024 sekira pukul 14.00 WIB. Dalam video yang diterima Pikiran-rakyat.com, tampak gerbong kereta tergenang air akibat rembesan kebocoran di antara sambungan gerbong 5 dan 6.

Menurut saksi mata, pihak KCIC langsung melakukan tindakan dengan mengepel lantai yang tergenang air akibat rembesan kebocoran tersebut.

"(Rembesan air berasal) dari sambungan (gerbong), dari gerbong 5 ke 6, tadi langsung di pel," kata saksi mata saat dihubungi Pikiran-rakyat.com.

Saksi mata juga mengatakan sempat mendapat teguran lantaran tidak diperbolehkan merekam dan menyebarkan kebocoran yang terjadi di salah satu gerbong kereta Whoosh KCIC tersebut.

"Cuma ditegur aja gak boleh video, 'maaf ya gak boleh divideo, gak boleh dishare, karena ini kesalahan teknis akibat cuaca," tutur saksi mata tersebut menirukan teguran yang diterima.


Hingga saat ini, tim Pikiran Rakyat Media Network masih menunggu konfirmasi dari pihak Kereta Cepat Indonesia China terkait kejadian kebocoran akibat hujan ini.

Kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dan Bandung itu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Oktober 2024, sejak saat itu kereta cepat bernama Whoosh tersebut sudah bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Kereta cepat ini kita namakan Whoosh. Ini merupakan inspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi dan Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” ujar Presiden Jokowi saat meresmikan.

Kereta yang mengantarkan penumpang dari Jakarta ke Bandung begitupula sebaliknya memiliki panjang lintasan hingga 142 KM. Tiket untuk menggunakan kereta Whoosh dibanderol Rp250 ribu per penumpang.

Namun, pembangunan infrastruktur kereta cepat tidak luput dari kontroversi. Pasalnya, sempat terjadi pembengkakan biaya yang tidak sedikit dari biaya semula yang disepakati dengan pihak China.

Tercatat, total biaya pembangunan sekira Rp108 triliun dan terjadi pembengkakan biaya sekira Rp19,3 triliun. Menurut Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, pembengkakan tersebut bernilai 20% dari nilai proyek dan telah disepakati oleh China.

"Total biaya USD 7,2 miliar (sekitar Rp 108 triliun), ada penambahan USD 1,2 miliar. Awalnya dihitung ada penambahan US$ 1,4 miliar, sudah lewat BPKP. Tetapi proposal setelah dibawa ke pihak China, mereka hanya bisa menyetujui penambahan biaya 20% dari nilai proyek," kata Dwiyana Slamet Riyadi pada 22 Juni 2023 lalu.

Kereta Cepat Whoosh diklaim dapat memangkas perjalanan penumpang dari Jakarta ke Bandung yang awalnya selama kurang lebih 3 jam menjadi hanya 30 menit. Dengan pemangkasan waktu tempuh perjalanan tersebut, diharapkan dapat menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi antara dua kota.***

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...video?page=all

Ya iyalah, maksudnya apa di videoin?
BALI999
BALI999 memberi reputasi
1
1.7K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.