Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tradisi Menyambut Lebaran Idul Fitri 2024 yang Unik di Indonesia, Selain Mudik

ahmadmikail10Avatar border
TS
ahmadmikail10
Tradisi Menyambut Lebaran Idul Fitri 2024 yang Unik di Indonesia, Selain Mudik

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, umat Islam dengan sukacita merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024 sebagai kemenangan mereka.

Seperti halnya bulan Ramadan yang dirayakan dengan meriah, Hari Raya Idul Fitri juga dirayakan dengan penuh kebahagiaan. Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi khas mereka sendiri dalam menyambut Lebaran Idul Fitri 2024.

Tentu, ketika membicarakan tentang tradisi Lebaran Idul Fitri 2024, kita tidak bisa melewatkan tradisi mudik (pulang kampung) dan sungkem (meminta maaf serta restu kepada yang lebih tua). Kedua tradisi ini dianggap sakral dalam menyambut Idul Fitri.

Namun, tradisi Lebaran di Indonesia tidak hanya terbatas pada “mudik” dan “sungkem” saja. Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang unik sesuai dengan budaya dan kepercayaan turun-temurun. Tiap tradisi Lebaran memiliki makna yang mendalam dan indah.

Grebeg Syawal (D.I. Yogyakarta)

Salah satu tradisi yang patut disebut adalah Grebeg Syawal, sebuah ritual yang diadakan setiap tahun di Keraton Yogyakarta. Tradisi ini dilaksanakan setiap 1 Syawal, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, sebagai ungkapan syukur setelah melewati bulan Ramadan. Tradisi ini sudah berlangsung sejak abad ke-16.

Salah satu daya tarik Grebeg Syawal adalah tujuh gunungan yang terdiri dari gunungan lanang/kakung (tiga buah), gunungan wadon/estri, gunungan darat, gunungan gepak, dan gunungan pawuhan (masing-masing satu buah).

Seluruh gunungan tersebut dibawa oleh abdi dalem dan dikawal oleh prajurit Bregodo dari Alun-Alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menuju Masjid Gedhe Kauman, Pura Pakualaman, dan Kantor Kepatihan. Sebelum didistribusikan kepada masyarakat, gunungan-gunungan tersebut didoakan terlebih dahulu.

Tradisi Menyambut Lebaran Idul Fitri 2024 yang Unik di Indonesia, Selain Mudik
Foto: Freepik

Perang Topat (Nusa Tenggara Barat)

Di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terdapat tradisi unik yang disebut Perang Topat atau “perang ketupat” sebagai bagian dari tradisi menyambut Lebaran Idul Fitri 2024. Tradisi ini diyakini sebagai simbol kerukunan antara umat Hindu dan Islam yang hidup berdampingan di Lombok.

Sebelum dimulainya “perang”, masyarakat melakukan doa dan ziarah di Makam Loang Baloq di kawasan Pantai Tanjung Karang, dan Makam Bintaro di kawasan Pantai Bintaro. Setelah tradisi dimulai, ketupat-ketupat yang digunakan untuk berperang kemudian diperebutkan kembali karena diyakini membawa kesuburan.

Ronjok Sayak (Bengkulu)

Di Bengkulu, terdapat tradisi unik yang disebut Ronjok Sayak. Secara umum, kata “sayak” merujuk pada batok kelapa. Ronjok Sayak adalah tradisi membakar tumpukan batok kelapa hingga setinggi satu meter. Tradisi ini diyakini telah dilaksanakan sejak ratusan tahun silam.

Masyarakat Bengkulu percaya bahwa api adalah penghubung antara manusia dan leluhur, oleh karena itu, pelaksanaan tradisi Ronjok Sayak diiringi dengan banyak doa yang dipanjatkan. Tradisi ini biasanya dilakukan setelah melaksanakan salat Isya pada 1 Syawal.

Binarundak (Sulawesi Utara)

Masyarakat Motoboi Besar di Sulawesi Utara memiliki tradisi Binarundak, yakni tradisi membuat atau memasak nasi jaha bersama-sama selama tiga hari berturut-turut setelah Hari Raya Idul Fitri. Nasi jaha adalah makanan khas Sulawesi Utara yang dimasak dalam batang bambu, memberikan rasa gurih dari santan dan jahe yang kuat.

Tradisi Binarundak dipercaya sebagai sarana silaturahmi dan ungkapan syukur kepada Allah SWT dalam menyambut Lebaran.

Wajib banget dijaga nih, jangan sampai musnah yang kaya gini.. biar tetap ada terus sampai anak cucu kita ngerasain...



herisukasuka
herisukasuka memberi reputasi
1
137
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.