• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • 5 Pernyataan Fenomenal Hotman Paris Selama Sidang Sengketa Pilpres di MK!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Pernyataan Fenomenal Hotman Paris Selama Sidang Sengketa Pilpres di MK!

Sumber Gambar

Hotman Paris Hutapea dan Otto Hasibuan, anggota Tim Pembela Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, telah mengeluarkan beberapa pernyataan yang menyoroti gugatan yang diajukan oleh kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024. Berikut adalah lima pernyataan yang menonjol:

1. Super-super Cengeng: Hotman Paris menyebut gugatan kubu 01 dan 03 sebagai “super-super cengeng.” Dalam konferensi pers di Gedung MK, Hotman mengkritik permohonan gugatan tersebut, mengacu pada prinsip hukum bahwa perbuatan merupakan pengakuan. Dia menyoroti perilaku paslon 01 dan 03 yang mengakui keabsahan pencalonan Gibran Rakabuming Raka. Ketika diberikan nomor urut, mereka tidak menyatakan bahwa Gibran tidak sah. Selain itu, Gibran juga mendapatkan undangan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI selama debat cawapres. Hotman berpendapat bahwa gugatan tersebut terlalu cengeng1.

2. Cacat Formil dan Salah Kamar: Otto Hasibuan menyatakan bahwa gugatan yang diajukan oleh pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud ke MK memiliki cacat formil dan salah kamar. Menurutnya, jika para pemohon mempersoalkan proses atau pelanggaran, tempat yang tepat untuk mengajukan hal tersebut bukanlah MK1.

3. Etika dan Partisipasi: Hotman Paris juga menyoroti etika dalam gugatan. Dia berpendapat bahwa jika kubu 01 dan 03 merasa pencalonan Prabowo-Gibran melanggar etika, mereka seharusnya tidak perlu ikut dalam seluruh proses tahapan Pilpres 2024, termasuk debat capres-cawapres2.

4. Sindiran Terhadap Saksi: Dalam sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di MK, Hotman Paris juga memberikan sindiran terhadap saksi yang dihadirkan oleh kubu paslon 01 Anies-Muhaimin. Dia menyebut pemaparan ahli dari kubu Amin, Anthony Budiawan, sebagai "omon-omon"3.

5. Mengakui Keabsahan Gibran: Hotman Paris menyoroti fakta bahwa kubu 01 dan 03 telah mengakui Gibran Rakabuming Raka sebagai kontestan di Pilpres 2024 sebanyak dua kali. Menurutnya, tindakan atau perbuatan merupakan bentuk pengakuan. Ketika Gibran diberikan nomor urut dan mendapatkan undangan resmi dari KPU, tidak ada protes. Hotman berpendapat bahwa gugatan tersebut agak cengeng4.

Dengan demikian, pernyataan Hotman Paris dan Otto Hasibuan menjadi sorotan dalam sidang sengketa pilpres di MK, menggambarkan dinamika dan ketegangan dalam proses hukum yang sedang berlangsung. Semoga MK bisa memberikan hasil putusan yang adil dan jujur.

Link Referensi
suksesinambo008
kakekane.cell
indrastrid
indrastrid dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.5K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.