• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Heboh, Jemaah Aolia Sholat Idul Fitri 5 April 2024: Begini Klarifikasi KH Pranolo!

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Heboh, Jemaah Aolia Sholat Idul Fitri 5 April 2024: Begini Klarifikasi KH Pranolo!











Heboh, Jemaah Aolia Sholat Idul Fitri pada 5 April 2024: Ngaku dapat Isyarat Langsung dari Tuhan Melalui Sambungan Telepon! Begini Klarifikasi KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo

Berdasarkan Kalender Islam oleh Kemenag RI, tanggal 1 Syawal 1445 H diprediksi jatuh pada hari Rabu, 10 April atau Kamis, 11 April 2024 ya gansist. Namun ada juga kabar yang mengejutkan dan bikin heboh tentang sekelompok orang yang tergabung dalam Jemaah Aolia di di Dusun Panggang III, Giriharjo, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta malah sudah sholat Idul Fitri lebih awal yaitu pada Jum'at kemarin, 5 April 2024.

Mengambil dari sumber yang dilansir oleh akun Instagram @fakta.indo menerangkan jika pemimpin jemaah ini mengaku dapat isyarat langsung tuhan melalui sambungan telepon mengenai jadwal sholat sunnah tersebut, namun tentang ini sebenarnya telah dijelaskan atau dikonfirmasi oleh sang pemimpin sendiri sesaat setelah usah melaksanakan sholat Idul Fitri.

"Saling rukun, jaga persatuan dan kesatuan dengan siapa saja. Jangan menyalahkan orang. Ya kalau salah, tapi kalau benar malah dia yang untung kita yang jadi tertuduh," terangnya.


Quote:





Klarifikasi ini dilakukan oleh Mbah Benu untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa pernyataannya sebelumnya hanya bersifat metaforis dan tidak harus diartikan secara harfiah. Mbah Benu ingin menekankan bahwa keputusan mereka untuk merayakan Lebaran lebih awal didasarkan pada keyakinan mereka setelah berkomunikasi dengan Tuhan.

Kisah ini menunjukkan keberagaman cara pandang dalam menentukan tanggal Lebaran di Indonesia. Pemerintah pusat menggunakan perhitungan matematis dan pengamatan hilal, sementara Jamaah Aolia lebih mengandalkan "telepon Allah" sebagai cara untuk mengetahui waktu tibanya 1 Syawal Idulfitri.

Meskipun terdapat perbedaan pandangan, penting untuk diingat bahwa semangat Lebaran adalah tentang kegembiraan, kerukunan, dan kedamaian. Selama perayaan ini, marilah kita saling menghormati dan menghargai keberagaman yang ada dalam masyarakat kita.

Mungkin yang jadi kontroversi karena ada ungkapan sudah telpon ke Allah ya, kalau tentang melaksanakan sholat Idul Fitri lebih dulu dari kebanyakan umat muslim di Indonesia sih ada beberapa seperti Tarekat Naqsyabandiyah dan yang lainnya. Dan dikabarkan juga jika peristiwa semacam ini ternyata bukan kali pertama, sebab pada tahun 2023 pun Jemaah Aolia gelar sholat Id 2 hari sebelum jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah atau pada hari Kamis (20/4/2023).


Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
krukov
indrastrid
xatria
xatria dan 7 lainnya memberi reputasi
8
677
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.1KThread24.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.