dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Gibran: Sepak Bola Indonesia Bangkit Usai Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Gibran: Sepak Bola Indonesia Bangkit Usai Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

1 April 2024 12:51 WIB


Gibran Rakabuming Raka di Balaikota Solo. Foto: Dok. kumparan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunggah video mengenang satu tahun Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Maret 2023 di akun medsos instagram @gibran_rakabuming, Sabtu (30/3).

Diketahui FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 karena banyaknya aksi protes menolak Timnas Israel U-20 datang ke Indonesia. Salah satu kepala daerah yang menolak tegas Timnas Israel adalah Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Kedua kepala daerah itu merupakan kader PDIP.


Menanggapi unggahan video tersebut, Gibran menegaskan tidak ada niatan menyindir siapa pun. Ia hanya ingin menyampaikan pesan bangkit sepak bola Indonesia.


“Kan memang gagal bener (tuan rumah Piala Dunia U-20), ya makasih ya. Tidak (niatan menyindir Ganjar). Itu kan pesannya kita bangkit. Setelah gagal kita bangkit lagi, dengan event lain,” ujar Gibran di Masjid Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Sabtu (30/3) malam.

Dia menyebut kondisi saat ini PSSI dan Timnas Indonesia menunjukkan prestasinya. Terbaru Indonesia menang atas Vietnam di babak kualifikasi Piala Dunia 2026.





“Dan hari ini kan PSSI, timnas kan sudah menunjukkan kehebatannya. Prestasinya,” kata dia.


Disinggung Timnas Indonesia dihuni banyak pemain naturalisasi akan mematikan pemain lokal, Gibran membantah hal itu. Menurutnya, hal itu akan membuat pemain lokal bersemangat untuk bersaing.


“Ndak (mematikan pemain lokal), saya rasa justru akan memicu pemain lokal, makin juga men-trigger pemain-pemain masih muda di bawah. Tidak masalah. Nasionalisme bisa makin kelihatan,” tegas dia.



Selebrasi Timnas Indonesia usai jebol gawang Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). Foto: Dok. PSSI
Dia menambahkan dari bola akan menyatukan semua. Selain itu, lewat sepak bola menginspirasi anak-anak muda ingin menjadi pemain bola profesional.


“Dari bola itu kan menyatukan semua. Seng ndisik biasane padu ( yang dulu berantem) nonton bola, sekarang rukun. Nonton Indonesia menang lawan Vietnam jadi inspirasi anak muda pengin jadi pemain bola profesional,” pungkasnya.

https://kumparan.com/kumparanbola/gi...SOUeGclGV/full
johanbaikatos
johanbaikatos memberi reputasi
1
612
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.