• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hal Lain yang Harusnya Dilakukan Pertengahan Sampai Akhir Puasa Ramadhan, Setuju?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Hal Lain yang Harusnya Dilakukan Pertengahan Sampai Akhir Puasa Ramadhan, Setuju?


Imam Ghazali dalam kitabnya; Ihya Ulumuddin, menerangkan tingkatan dalam berpuasa yakni puasanya orang awam, puasanya orang khusus ‎dan puasa khusus buat orang khusus. Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah ada dimana posisi kamu diantara ketiga tingkatan itu?

Dan kita pun sudah tahu, bulan Ramadan itu dibagi dalam tiga fase, yakni 10 hari pertama berpuasa dinamakan fase rahmat, 10 hari ke 2 adalah ampunan, dan 10 hari terakhir adalah dibebaskannya kita dari api neraka.

Bagi yang fokus dan memiliki iman yang kuat tentu bulan Ramadan baginya adalah bulan yang sangat istimewa, berpuasa selama 30 hari lamanya itu bukanlah apa-apa, tapi bagi mereka yang masih awam butuh dukungan dan suport agar puasanya tetap lancar sampai 10 hari terakhir secara sempurna terlebih menjelang hari Raya Lebaran tiba.

Maka menurut saya supaya kita semua tetap di jalur yang semestinya, puasa dan ibadah kita secara kualitas dan kuntitas ada peningkatan maka wajib mengevaluasi setiap hari. Seperti:



Biasanya dipertengahan bulan puasa ada orang yang mulai tidak konsisten, motivasi menurun, mulai tidak fokus, komitmen mulai berubah. Maka memperkuat niat dan tekad untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesungguhan dan ketaatan harus tetap dijaga.

Mempersiapkan diri secara fisik dan mental lebih baik lagi supaya tidak gagal ditengah jalan. Caranya yaitu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran dengan makan makanan bergizi, beristirahat yang cukup, dan mempersiapkan diri untuk menyesuaikan jadwal aktivitas dengan waktu berpuasa.

Memperdalam pengetahuan agama. Meningkatkan pengetahuan tentang Ramadan, puasa, dan ibadah lainnya melalui pembacaan Al-Quran, menghadiri ceramah agama, atau belajar tentang praktik ibadah yang benar dan mengkhatam Al-Quran.

Meningkatkan jumlah pahala dengan cara berbagi rezeki. Memberikan sedekah atau bantuan kepada mereka yang membutuhkan sebagai bagian dari kebaikan dan amal di bulan Ramadan.
Meningkatkan rasa bahagia, Meningkatkan kesejahteraan mental, Menguatkan hubungan sosial, dan Meningkatkan harga diri.Meningkatkan kesejahteraan fisik, Menciptakan lingkungan yang lebih baik, Memberikan makna hidup

Meningkatkan ibadah, dengan cara memperbanyak amalan ibadah seperti shalat, dzikir, dan membaca Al-Quran sebagai persiapan menghadapi pertengahan dan sisa bulan Ramadan.

Mendekatkan diri kepada Tuhan, meningkatkan ketenangan dan kedamaian batin, meningkatkan rasa syukur dan kesejahteraan emosional, menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang, membangun karakter dan moralitas, mengatasi ketakutan dan kecemasan, memberikan harapan dan tujuan hidup yang lebih besar.

Memperbaiki hubungan sosial. Memperbaiki hubungan dengan keluarga, teman, dan tetangga serta memaafkan kesalahan orang lain sebagai bagian dari spiritualitas Ramadan.



Berusaha mengendalikan hawa nafsu. Menjauhi perbuatan yang dilarang dalam agama Islam dan mengendalikan hawa nafsu agar dapat menjalani Ramadan dengan penuh kesadaran dan keberkahan.

Keseimbangan emosi, Meningkatkan kualitas hubungan, Keberhasilan dalam pencapaian tujuan, Menghindari perilaku merugikan, Keselamatan dan keamanan, dan Pertumbuhan spiritual.

Terakhir adalah merencanakan ibadah malam secara konsisten. Menyiapkan diri untuk melakukan ibadah malam, seperti shalat tarawih, dzikir, dan berdoa di malam-malam terakhir Ramadan.
Lebih khusus terutama untuk mendapatkan malam lailatur Qodar yakni malam yang sangat mulia (pahala amal kebaikan dilipatgandakan, dosa-dosa diampuni, dan doa-doa dikabulkan).






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sebuah opini | img : Ai  


Diubah oleh iskrim 21-03-2024 08:15
ciecieeeeeeee
molenmelon
ufo60
ufo60 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
212
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.