ReikoukiAvatar border
TS
Reikouki
PSI Tak Lolos Ambang Batas, Ade Armando-Grace Natalie Gagal ke Senayan
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) gagal memenuhi ambang batas parlemen (parliamentary threshold) 4 persen pada Pemilu 2024. Dengan demikian, tidak akan ada satu pun caleg yang duduk di DPR RI.
Berdasarkan rekapitulasi suara tingkat nasional, PSI hanya mendapat 4.260.169 suara dari total 151.796.630 surat suara yang sah.

Perolehan suara itu tidak mampu mengantarkan PSI membobol ambang batas. PSI hanya mendapat 2,80 persen dari total suara yang sah. Angka itu masih jauh dari 4 persen ambang batas parlemen.

Padahal, jika PSI lolos ambang batas, sedikitnya ada lima caleg yang bisa duduk di Senayan. Mereka adalah:

1.Cynthia Riza

Berdasarkan penghitungan suara metode sainte lague, 8 pada dapil itu bisa diisi oleh PDIP (3 kursi) karena memperoleh 774.282 suara, Golkar (1 kursi) karena memperoleh 335.804 suara, Gerindra (1 kursi) karena mendapat 302.492 suara, PKS (1 kursi) karena mendapat 197.614 suara, PAN (1 kursi) karena mendapat 134.135 suara dan PSI (1 kursi) karena mendapat 134.249 suara.

Kursi jatah PSI itu kemungkinan besar akan diisi oleh Cynthia yang mendapat suara 60.003. Namun, karena PSI tak lolos parlemen maka Cynthia harus menerima tidak busa duduk di Senayan.

2. Ade Armando

Ade maju sebagai caleg untuk dapil 'Neraka' Jakarta II. Dapil ini meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan pemilih dari luar negeri.

Terdapat 7 kursi yang diperebutkan di dapil ini. Berdasarkan penghitungan suara metode sainte lague, dari 7 kursi itu salah satunya seharusnya dapat diisi oleh caleg dari PSI, Ade Armando.

Ade mendapat suara 54.199 coblosan di dapil tersebut. Karena PSI gagal memenuhi ambang batas, maka posisi itu akan digantikan oleh caleg dari Partai Demokrat.

3. Grace Natalie

Grace mendapat suara tertinggi di dapil Jakarta III yakni 193.556 suara. Dia mengalahkan caleg petahana dari NasDem, Ahmad Sahroni dan keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati D Djojohadikusumo.

Dengan perolehan suara itu, Grace menyumbang hampir setengahnya dari total suara PSI yang mendapat 305.291 suara. Raihan suara itu menjadikan PSI mendapat 1 kursi, jika dihitung menggunakan metode Sainte Lague.

Dapil Jakarta III mempunyai jatah 8 kursi. Tujuh kursi lainnya akan diisi oleh Rahayu Saraswati D Djojohadikusumo (Gerindra), Charles Honoris (PDIP), Erwi Aksa (Golkar), Ahmad Sahroni (NasDem), Adang Daradjatun (PKS), Sigit Purnomo (PAN), Nurwayah (Demokrat).

Karena PSI tak lolos parliamentary threshold, maka posisi Grace dapat digantikan oleh caleg dari PDIP Darmadi Durianto yang memperoleh 95.533 suara.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasiona...gal-ke-senayan

Komen TS : Sesuai data yg masuk saat suara total baru masuk 65%, Lagi2 hitungan Reikouki benar, PSI sulit lolos PT, bahkan utk mempertahankan angka 3,1% saja sudah sulit.. Saat itu banyak yg menghujat, tp fakta membuktikan emoticon-Malu (S)

Inilah enaknya kalau analisa tanpa bawa prasangka, jadi bisa menilai dengan jernih walaupun yg dianalisa satu kubu yaitu 02..

Barbuk :


salvation101
itkgid
viniest
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.