• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Pebalap Legend, Kasih Bocoran 7 Cara Aman Jatuh Dari Motor Ala MotoGP (Rider Baca!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pebalap Legend, Kasih Bocoran 7 Cara Aman Jatuh Dari Motor Ala MotoGP (Rider Baca!)


Dalam sebuah cuplikan wawancara di sebuah chanel Yutup, legenda pebalap Giacomo Agostini secara singkat memberikan edukasi kepada penggemarnya bagaimana cara jatuh dari motor yang aman di waktu yang singkat itu.

Menurutnya ketika seorang pebalap MotoGP mengalami kecelakaan dan jatuh dari motornya, ada beberapa teknik dan strategi yang bisa mereka terapkan untuk meminimalkan cedera dan meningkatkan peluang untuk bisa selamat.

Nah, berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan dan sepertinya cara ini bisa dilakukan oleh pemotor seperti kita pada umumnya:


PERTAMA.



Syarat paling utama agar cara ini 99% berhasil adalah kita sudah menggunakan perlengkapan pelindung keselamatan seperti sudah memakai helm, baju lengan panjang, celana pelindung, pelindung lutut, dan pelindung tulang belakang sangat penting untuk melindungi tubuh pebalap saat terjadi kecelakaan. Helm, menjadi perlengkapan yang paling penting karena melindungi kepala dari cedera serius.

KEDUA.



Posisikan tubuh dengan benar. Secara reflek pebalap sebelum terjatuh sering mencoba untuk mengontrol posisi tubuh mereka, sehingga mereka jatuh dengan cara yang paling aman. Pebalap diharuskan untuk tetap berusaha menjaga bagian kepala, lengan, dan kaki agar tidak terpental secara tidak terkendali dan menjaga cedera serius.

KETIGA.



Pebalap harus mengendurkan Tubuh, usahakan badan selentur mungkin saat terjatuh tujuannya adalah untuk mengurangi kekakuan dan tekanan pada otot dan sendi. Ini bisa membantu mengurangi cedera yang disebabkan oleh benturan luka dalam yang lebih parah.

KEEMPAT.



Usahakan badan terjatuh dengan posisi meluncur dengan tubuh. Teknik ini disebut teknik slide yang digunakan dalam olahraga seperti hoki es atau sepak bola Amerika. Tujuannya untuk membantu mengurangi gesekan dan tekanan pada tubuh saat menyentuh permukaan.

KELIMA.



Berusaha menjauh atau kontak langsung dengan Motor. Ketika jatuh, pebalap sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan motornya atau bagian-bagiannya yang keras, seperti mesin, roda dan rantai. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara menggelinding atau menghindari arah terbang motor.

KEENAM.



Tetap berusaha tenang dan sebisa mungkin mengendalikan motornya. Kecelakaan memang terjadi dalam hitungan detik, tapi pebalap harus berusaha tetap tenang dan berusaha untuk mengendalikan kecelakaan sebisa mungkin. Hal ini bisa mencakup mengendalikan arah terjatuh atau mencoba untuk meminimalkan kecepatan saat tubuh bersentuhan dengan permukaan.


KETUJUH.



Segera memberi sinyal meminta pertolongan. Disituasi yang serba kacau dan tidak pasti tetaplah optimis dan memberikan sinyal meminta pertolongan. Dengan demikian harapannya bantuan segera datang dan segera mendapatkan pertolongan dan menghindari cedera lebih serius.

Tips yang sangat bagus dan berguna buat kita semua pengendara motor.






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sebuah Opini, SportTV Asia | img : Gugel 


Diubah oleh iskrim 18-03-2024 13:18
molenmelon
ardhanionline
ufo60
ufo60 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
992
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.