• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ngaku Udah Jago Naik Motor? Baca Ini Biar Tahu Seberapa Tinggi Levelmu!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ngaku Udah Jago Naik Motor? Baca Ini Biar Tahu Seberapa Tinggi Levelmu!


Masih ingat kapan pertamakali belajar naik motor sampai kamu diangap mahir mengendarainya hingga seolah kamu dan motormu seolah sudah sejiwa? Dari yang awalnya masih norak, potong jalur orang seenak udel, geber-geber knalpot, melakukan akrobatik dengan kecepatan tinggi mirip anggota sirkus?

Waktu terus berjalan sehingga kamu sudah merasa paling jago? Jangan-jangan apa yang kamu lakukan itu hanya bermodal insting dan keberuntungan? Kalau kamu memang sudah berada di level bang jago yang terampil dan profesional seharusnya paham tentang hal dibawah ini.


PERTAMA
Memiliki harus juga bisa menjaga dan merawatnya. Kamu bisa merasa yakin dan bebas berkendara jika SIM mu didqpat dari jalan resmi, surat-surat lengkap, pajak hidup, perlengkapan keselamatan selalu dipakai, motor standar juga terawat dan service berkala dengan baik.

KEDUA
Perihal pengendalian dan keterampilan teknis. Kemampuan untuk mengendalikan motor sudah sangat baik, tahu cara menggunakan rem, gas, dan kopling secara tepat, serta kemampuan menjalankan manuver-manuver yang diperlukan seperti berbelok, berakselerasi, dan mengurangi kecepatan sudah sangat baik.

KETIGA
Kesadaran situasional. Sudah memiliki kemampuan untuk memperhatikan dan mengantisipasi situasi di sekitar, termasuk pengamatan terhadap kondisi jalan, kendaraan lain, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keselamatan dalam berkendara.




KEEMPAT
Kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas. Kemampuan untuk mematuhi aturan dan tanda-tanda lalu lintas meski tanpa ada petugas sekalipun, termasuk mematuhi batas kecepatan, sinyal lalu lintas, tidak egois dan taat aturan-aturan lainnya, serta memperhatikan keselamatan diri sendiri dan pengendara lainnya.

KELIMA
Reaksi terhadap kondisi darurat. Kemampuan untuk merespons dengan cepat dan efektif dalam situasi darurat atau bahaya dan tidak egois, seperti menghindari tabrakan atau menanggapi kendala-kendala yang tiba-tiba terjadi accident di jalan.

KEENAM
Sadar pentingnya memakai pelindung. Memiliki pelindung yang lengkap dan ber standar SNI seperti: Memakai helm dengan benar, jaket yang sesuai, sarung tangan yang nyaman, alas kaki yang tepat, kacamata yang sesuai dan perlengkapan keselamatan lainnya secara sadar betapa pentingnya pelindung ini dan dilakukan secara konsisten.

KETUJUH
Jam terbang dan latihan.
Pengalaman dalam berkendara motor dan latihan yang terus menerus dalam waktu yang lama, disegala situasi dan kondisi jalan sudah pasti dapat memengaruhi skill dan keterampilan seseorang dalam mengendalikan motor.



KEDELAPAN
Menjadi pengendara motor yang dianggap jago kalau dia juga punya empati dan kritis terhadap situasi dan kondisi dijalan. Tidak egois, melambatkan laju jika ada orangtua, anak kecil atau hewan akan atau sedang menyeberang di jalan, membantu atau menolong orang yang sedang mengalami accident di jalan (minimal menyingkirkan benda atau bahan yang berpotensi memicu bahaya berikutnya, meminta bantuan orang lain, menelepon bala bantuan, melakukan tindakan P3K).

Secara umum, seseorang dapat dianggap lihai atau jago dalam mengendarai motor jika mereka memiliki kombinasi keterampilan teknis, kesadaran situasional, kepatuhan terhadap peraturan, kemampuan reaksi, penggunaan peralatan pelindung yang baik, pengalaman yang luas dalam berkendara dan memiliki sikap yang baik agar bisa menjadi contoh pengendara lain dalam berkendara, hingga tiba ditujuan dengan selamat.






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sebuah Opini | img : Ai 


krukov
semuadiriku
pakdejoss
pakdejoss dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.