• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menurutmu, Pilih Mana Seorang Nenek Akan Menyebrang atau Seekor Binatang Duluan?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Menurutmu, Pilih Mana Seorang Nenek Akan Menyebrang atau Seekor Binatang Duluan?


Ketika kamu sedang asik berkendara lalu dari kejauhan melihat ada seorang nenek dan seekor hewan akan menyebrang diwaktu yang bersamaan dari arah yang berseberangan, maka mana yang harus kamu dahulukan? Ini sebuah pilihan yang sulit untuk diputuskan dengan cepat karena berhubungan dengan waktu, etika dan moral yang ketiganya tidak bisa dipisahkan.

Yang pertama-tama, yang penting harus diingat adalah hakikatnya manusia itu memiliki kemampuan untuk memahami bahaya dan bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri, sementara binatang sering kali tidak memiliki pemahaman seperti itu, binatang cenderung memakai insting saja. Takdir.

Sebagai manusia, kehidupan dan derajat manusia memiliki nilai yang lebih tinggi karena manusia memiliki kesadaran diri, hubungan sosial yang kompleks, kemampuan berfikir, bertindak, memutuskan dan kemampuan untuk menciptakan dan mewariskan budaya.

Oleh karena itu, di situasi di mana keselamatan seorang nenek dan seekor binatang berada dalam bahaya, maka menurut saya pribadi prioritas yang harus diberikan dahulu keselamatan ya, nenek tersebut.



Tapi, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan juga, misalkan situasi yang komplek tengah terjadi di jalan raya atau keadaan darurat lainnya. Misalnya, jika binatang tersebut dalam kondisi fisik yang buruk atau keadaan jalan yang sangat berbahaya, mungkin lebih bijaksana untuk memprioritaskan keselamatan binatang tersebut.

Dalam banyak kasus, tindakan yang paling bijaksana dan etis adalah sebisa mungkin kita berusaha menyelamatkan kedua belah pihak, sebisa mungkin adil tapi kadang realitanya sulit dipahami dan dimengerti. Tapi mungkin ada cara untuk menghindari tabrakan atau membantu nenek menyeberang dengan aman tanpa membahayakan binatang tersebut, seperti memberikan peringatan kepada pengemudi lain atau mencari bantuan dari orang lain di sekitarnya.

Intinya sih, keputusan moral sering kali begitu kompleks dan bergantung pada konteks spesifik dari situasi yang dihadapi. Namun, dalam situasi umum, keselamatan manusia tetap harus diutamakan karena hakikat kemanusiaan yang dimilikinya tidaklah berubah.






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sebuah opini | img : Ai  


krukov
semuadiriku
pakdejoss
pakdejoss dan 6 lainnya memberi reputasi
7
591
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.