• Beranda
  • ...
  • Opini
  • Jadikan Pelajaran untuk RI! Gangster Kuasai Haiti, PM Negara Tersebut pun Mundur

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Jadikan Pelajaran untuk RI! Gangster Kuasai Haiti, PM Negara Tersebut pun Mundur










Jadikan Pelajaran untuk Indonesia! Gangster Kuasai Haiti, Perdana Menteri Negara Tersebut pun Mundur




Haiti, negara di kawasan Karibia, Amerika Tengah ini sering terjadi konflik, kerusuhan dan aksi protes/Sumber gambar: liputan6.com

Setelah kemarin ada berita mengejutkan saat negara Ekuador dilanda kerusuhan massal akibat kaburnya gembong narkoba di negara tersebut dari penjara pemerintah, sekarang ada kabar menghebohkan lagi nih dari benua Amerika.

Dikabarkan negara Haiti sekarang dalam keadaan chaos akibat gangster sudah menguasai negara di Karibia itu, saat ini adalah puncaknya dari aksi kekerasan di Haiti yang sampai para kriminal tersebut menyerang kantor polisi, penjara dan infrastruktur lainnya hingga membuat pemimpin negara Haiti pun memilih untuk mengundurkan diri.

Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry, telah mengundurkan diri dari jabatannya setelah berhari-hari menghadapi tekanan dan meningkatnya kekerasan di negara itu. Keputusan ini diambil setelah pertemuan para pemimpin regional di Jamaika untuk membahas transisi politik di Haiti. Namun, situasi di negara itu semakin memburuk dengan kuasa yang dipegang oleh geng-geng kriminal.

"Pemerintahan yang saya pimpin tidak bisa tetap tidak peka terhadap situasi ini," kata Henry dalam pidatonya, dikutip AFP, Rabu (13/3/2024).


Quote:




Kekacauan akibat serangan geng kriminal sering terjadi di negara Haiti, saat tanggal 2 November 2023 lalu pun PBB menyetujui pengiriman pasukan multinasional bersenjata yang dipimpin oleh Kenya/Sumber gambar: kompas.tv

Keadaan di Haiti semakin memprihatinkan. Kekerasan yang dilakukan oleh geng-geng kriminal telah menghancurkan negara tersebut. Rakyat Haiti menghadapi kesulitan hidup akibat situasi yang tidak aman, dan puluhan ribu orang terpaksa mengungsi. Bantuan internasional sangat dibutuhkan untuk mengatasi kekacauan ini dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Kekuasaan yang dikuasai oleh geng-geng kriminal perlu segera diatasi. Negara Haiti membutuhkan stabilitas politik yang baru dan pemerintahan yang kuat untuk mengatasi masalah keamanan dan mengembalikan ketertiban di negara ini. Harapan besar juga ditujukan kepada Amerika Serikat dan negara-negara lainnya untuk memberikan dukungan dan bantuan dalam menangani krisis ini.


Quote:




Ketua geng bersenjata Haiti Jimmy Cherizier ancam akan lakukan genosida jika PM Henry tidak mundur/Sumber gambar: viva.co.id

Salah satu ungkapan mengerikan pernah dia ucapkan pada hari Selasa, 5 Maret ke wartawan saat sosok ini dimintai keterangan mengenai aksinya menggabungkan para geng bersenjata di Haiti untuk melawan pemerintah.

"Kita semua harus bersatu. Haiti akan menjadi surga bagi kita semua, atau menjadi neraka bagi kita semua,"

Bisa dijadikan pelajaran buat bangsa ini ya gansist, agar tetap setiap saat memperkuat keamanan dan pertahanannya. Keadaan di Haiti tersebut adalah sebuah contoh dimana organisasi kriminal atau gangster lebih kuat dari aparat keamanan, apalagi jika alasannya untuk menggulingkan presiden.

Pemimpin negara, Perdana Menteri atau Presiden yang dipilih secara demokratis, satu-satunya jalan untuk menggulingkannya atau menurunkannya ya dengan cara demokratis pula!


Sumber Tulisan dan Gambar:

cnbcindonesia.com

beritasatu.com


luvchelsea
shotgunBlues
algren99
algren99 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
752
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Opini
Opini
242Thread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.