rizkync108Avatar border
TS
rizkync108
Hasto: Ada Algoritma yang Kunci Suara Ganjar-Mahfud Maksimal 17 Persen





CNN Indonesia
Jumat, 08 Mar 2024 06:24 WIB

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai ada algoritma yang digunakan demi mengunci suara Ganjar-Mahfud hanya bisa maksimal 17 persen di Pilpres 2024. (DPP PDIP)

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut ada algoritma yang sengaja digunakan untuk menghalangi perolehan suara Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024. Karena itu, suara Ganjar-Mahfud hanya bisa menembus maksimal 17 persen.

Hasto mengatakan hal itu ia ketahui setelah bicara dengan sejumlah pakar teknologi informasi. Namun, ia tak menyebut siapa dan dari mana pakar tersebut.

"Misalnya dimasukkannya suatu algoritma untuk nge-lock perolehan Pak Ganjar itu hanya maksimum 17 persen," kata Hasto di Election Talk FISIP UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (7/3).

Dia berkata ada pula gangguan siber dalam proses unggah form C1. Kemudian, kata Hasto, ada juga penjegalan terhadap data hitung cepat atau quick count.

Hasto mengatakan perlu ada audit forensik dan meta. Menurutnya, gangguan-gangguan ini menggagalkan kemungkinan pilpres dua putaran.

"Ini yang kami lakukan sebagai bagian dari temuan-temuan yang sangat penting. Bahkan menurut pakar IT tersebut pemilu seharusnya berlangsung dua putaran," ujarnya.


Hasto mengatakan kubu 03 terus menjalin komunikasi dengan semua pihak merespons gangguan tersebut. Mereka juga membuka komunikasi dengan tim Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Kami terus melakukan komunikasi, termasuk dengan beberapa partai politik di dalam menyikapi hal ini. Bahkan, tadi kan juga ada Pak Sudirman Said yang mewakili pasangan 01, kami banyak juga diskusi dengan Pak Sudirman Said," ucapnya.

Menurut hasil quick count sejumlah lembaga survei, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan unggul jauh dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD secara nasional.

Prabowo-Gibran bahkan mendapatkan rata-rata suara di atas 57 persen. Pilpres 2024 pun diprediksi satu putaran.

Baca artikel CNN Indonesia "Hasto: Ada Algoritma yang Kunci Suara Ganjar-Mahfud Maksimal 17 Persen" selengkapnya Di sini
simsol...
flvnbez1st
andrikfk
andrikfk dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.4K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.