Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Gencatan Senjata Gagal Jelang Ramadan, Israel-Hamas Lanjut Perang
Gencatan Senjata Gagal Jelang Ramadan, Israel-Hamas Lanjut Perang

Jakarta, CNBC Indonesia - Negosiasi selama tiga hari dengan Hamas mengenai gencatan senjata di Gaza dilaporkan gagal mencapai terobosan. Ini terjadi kurang dari seminggu sebelum dimulainya bulan suci Ramadan, batas waktu informal untuk mencapai kesepakatan.
Laporan Al Jazeera pada Selasa (5/3/2024) mengatakan putaran terakhir perundingan di Kairo, Mesir, berakhir dan terhenti, serta tidak jelas apa yang akan terjadi selanjutnya.
"Israel mengatakan mereka menunggu tanggapan Hamas, sementara Hamas mengatakan mereka menunggu tanggapan Israel," kata laporan tersebut.

"Mediator yang berada di tengah-tengah berusaha menjembatani kesenjangan ini dengan mencoba menemukan solusi antara kedua belah pihak, namun tampaknya ada masalah yang tidak dapat diselesaikan."
Menurut kantor berita Associated Press, mengutip dua pejabat Mesir, dengan berakhirnya putaran terakhir diskusi, Hamas telah mengajukan proposal yang akan didiskusikan oleh para mediator dengan Israel dalam beberapa hari mendatang.
Selama berminggu-minggu, Amerika Serikat (AS), Qatar dan Mesir telah mencoba menengahi kesepakatan, di mana Hamas akan membebaskan tawanan Israel sebagai imbalan atas gencatan senjata selama enam minggu, pembebasan beberapa tahanan Palestina dan lebih banyak bantuan ke Gaza.
Hamas telah menolak untuk melepaskan sekitar 100 sandera yang disanderanya, dan sekitar 30 sandera lainnya, kecuali Israel mengakhiri serangannya, menarik diri dari Gaza dan melepaskan sejumlah besar tahanan Palestina, termasuk para pejuang yang menjalani hukuman seumur hidup.

Pejabat senior Hamas Osama Hamdan mengatakan kelompoknya menginginkan gencatan senjata permanen, bukan jeda enam minggu, serta penarikan total pasukan Israel dari Jalur Gaza.
"Keamanan dan keselamatan rakyat kami hanya bisa dicapai dengan gencatan senjata permanen, diakhirinya agresi dan penarikan diri dari setiap inci Jalur Gaza," kata Hamdan kepada wartawan di Beirut.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara terbuka menolak tuntutan tersebut dan berulang kali berjanji untuk melanjutkan perang sampai Hamas dibubarkan dan semua tawanan dikembalikan. Israel tidak mengirimkan delegasi ke putaran perundingan terakhir.

Di sisi lain, Israel juga ingin Hamas menyerahkan daftar tawanan yang masih hidup, serta rasio tawanan per tahanan yang diupayakan dalam setiap kesepakatan pembebasan.
Setidaknya 1.139 orang tewas dan sekitar 250 tawanan dalam serangan yang dipimpin Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober. Lebih dari 100 tawanan dibebaskan selama gencatan senjata selama seminggu pada November.
Serangan balasan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 30.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

sumber
0
186
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.